Meski Wabah Covid-19, BNNP Sumbar Tetap Lakukan Rehabilitasi Terhadap Pasien Penyalahgunaan Narkoba

Meski Wabah Covid19 BNNP Sumbar Tetap Lakukan Rehabilitasi Terhadap Pasien Penyalahgunaan Narkoba Kabid Rehabilitasi BNNP Sumbar, Josra Maidi (Foto: dok.pribadi)

Covesia.com - Meski di tengah mewabahnya Covid-19 di Indonesia, khususnya Sumatera Barat (Sumbar), namun aktivitas rehabilitasi terhadap pasien rawat jalan penyalahgunaan narkoba tetap dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) daerah tersebut. 

"Untuk rehab saat ini masih kami lakukan, namun yang ditiadakan itu seperti rapat dan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang," sebut Kabid Rehabilitasi BNNP Sumbar, Josra Maidi saat dihubungi Covesia.com pada Kamis (28/5/2020).

Lanjut Josra, saat ini untuk jumlah pasien yang melakukan rawat jalan di BNNP Sumbar, ada sekitar 80 orang pasien. 

"Klien tersebut kami kontrol melalui aplikasi, yaitu telfon, Zoom dan WhatsApp. Karena itu Standar Operasional Prosedur (SOP) Covid-19, untuk meminimalisir penyebarannya," ungkapnya. 

Dikatakan Josra, mereka yang rawat jalan ini, yaitu teman-teman penyalahguna belum terlalu parah dalam pemakaian narkoba. 

Sedangkan untuk pasien rawat inap kata Josra, untuk sekarang ini ditiadakan dulu karena pihaknya tidak punya tempat untuk rawat inap.

"Kawan-kawan yang harus dirawat inap tersebut yaitu, mereka sudah teratur pakai dan sudah jadi pecandu narkoba. Biasanya mereka itu dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Sanin Kota Padang, dan ke Lido Loka Rehabilitasi BNN di Batam," jelasnya. 

Tapi untuk sekarang ini karena Covid-19, semua tempat tersebut tidak menerima rujukan pasien. Kecuali pasien yang ada putusan hukum dari kejaksaan yang mengharuskan pasien tersebut untuk direhabilitasi.

"Maka barulah tempat rehabilitasi tersebut wajib menerima putusan hakim dan merehab pecandu narkoba itu, dengan sarat melampirkan surat putusan," ucapnya. 

Menurut Josra, tidak menerimanya tempat rujukan itu, mungkin mereka takut dengan datangnya pasien baru akan membawa Covid-19 ke tempat mereka. 

(per/don)


Berita Terkait

Baca Juga