Tak Perpanjang PSBB, Ini Ketentuan Salat Berjamaah di Bukittinggi

Tak Perpanjang PSBB Ini Ketentuan Salat Berjamaah di Bukittinggi Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias saat rapat membahas persiapan Masjid di Bukittinggi untuk sholat berjamaah, Kamis (28/5/2020)(Foto: Debi)

Covesia.com - Di masa pandemi Covid-19, pemerintah kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) sudah memperbolehkan warganya untuk sholat di Masjid pasca keputusan pemko Bukittinggi untuk tidak memperpanjang masa PSBB.

"Meski masih dalam pandemi Covid-19, pemerintah kota putuskan bahwa warga bisa salat di Masjid, namun dengan sejumlah ketentuan," ungkap Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, Kamis (28/5/2020).

Ia menjelaskan bahwa sesuai rapat dengan forkopimda Bukittinggi, MUI Bukittinggi dan pengurus mesjid maka diputuskan bahwa ada beberapa aturan yang diterapkan jika warga salat di masjid yakni dengan tetap menjalankan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Jamaah yang hendak menjalankan sholat di mesjid diwajibkan menggunakan masker baik di luar maupun saat sholat di mesjid. Tak hanya itu jamaah juga membawa sajadah sendiri dari rumah dan berwuduk terlebih dahulu di rumah sebelum ke mesjid.

"Selain itu, disetiap mesjid akan kita sediakan tempat pencuci tangan bagi jamaah. Dan bagi Masjid yang belum ada akan disediakan," ujarnya.

Pemerintah kota Bukittinggi juga akan melakukan penyemprotan desinfektan di setiap sudut Masjid. Dan hari ini penyemprotan sudah mulai dilakukan di seluruh Masjid di Bukittinggi.

Sedangkan untuk ketentuan sholat Jumat di Masjid, khatib diminta untuk mempersingkat khotbahnya menjadi 10 menit.

Sementara itu, Ketua MUI Bukittinggi, Aidil Alfin menambahkan selama menjalankan ibadah di Masjid jamaah diminta untuk mematuhi protap Covid-19.

Untuk shaf sholat sendiri, kata Aidil Alfin, tidak perlu dirapatkan dan memberi jarak antara yang lain serta tetap menggunakan masker.

"MUI tetap mengimbau masyarakat yang mulai beraktifitas di Masjid melaksanakan standar penanganan Covid-19," serunya.

(deb)


Berita Terkait

Baca Juga