PSBB Tahap III di Limapuluh Kota, Bupati Minta Masyarakat Untuk Mulai Produktif

PSBB Tahap III di Limapuluh Kota Bupati Minta Masyarakat Untuk Mulai Produktif Ilustrasi (Covesia)

Covesia.com - Usai rapat rencana penerapan PSBB Tahap III diberlakukan tanggal 30 Mei hingga 7 Juni 2020 yang dipimpin oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dengan seluruh kepala daerah Se-Sumbar, Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Irfendi Arbi akan mengevaluasi penerapan PSBB tahap II yang akan berakhir tanggal 29 Mei 2020. Rencananya dalam penerapan PSBB tahap III, seluruh masyarakat akan diminta produktif kembali namun seluruh aktivitas tetap berdasarkan protap Covid-19.

“Besok PSBB tahap II sudah berakhir dan besok juga saya akan melakukan evaluasi sekaligus merancang program untuk penerapan PSBB tahap III. Yang jelas, dalam PSBB tahap III ini, target kami seluruh masyarakat sudah mulai produktif kembali dengan standar covid-19,” ucap Irfendi Arbi kepada Covesia.com, Kamis (28/5/2020).

Maksud produktif ini, diartikan Irfendi dengan tidak lagi menyarankan masyarakat untuk berdiam diri didalam rumah. Namun, untuk kegiatan yang bisa mengumpulkan banyak orang akan dilakukan tinjauan lebih lanjut.

“Yang jelas kami tidak lagi menyarankan masyarakat untuk di rumah saja. Namun, tidak pula menyarankan untuk melakukan aktivitas yang bisa mengumpulkan orang banyak seperti aktivitas pasar dan aktivitas di rumah ibadah. Ini perlu kajian dulu,” ucap Irfendi.

Saat ditanya hal tersebut sama melonggarkan PSBB tahap III, Irfendi menjelaskan bahwa Pekab Limapuluh Kota tetap melaksanakan PSBB sesuai aturan dan instruksi yang diberikan oleh Pemerintah pusat dan Pemprov Sumbar.

“Tetap sesuai bagaimana instruksi Pemerintah Pusat dan Pemprov Sumbar. Kemudian selama PSBB tahap III kami juga melakukan persiapan untuk penerapan new normal tanggal 8 Juni 2020 mendatang,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar menggelar rapat online dengan seluruh kepala daerah se-Sumbar untuk membahas pencabutan PSBB tahap II dan persiapan new normal. Dalam rapat ini didapat untuk menerapkan PSBB III tanggal 30 Mei – 7 Juni 2020. Kemudian tanggal 8 Juni 2020 dilakukan New Normal untuk seluruh wilayah Sumatera Barat.

(agg)

Berita Terkait

Baca Juga