Pohon Cemara Laut Penangkal Tsunami di Pasir Jambak Bertumbangan Akibat Gelombang Tinggi

Pohon Cemara Laut Penangkal Tsunami di Pasir Jambak Bertumbangan Akibat Gelombang Tinggi Pohon cemara laut di kawasan pantai Pasir Jambak, Padang, Sumatera Barat akibat gelombang tinggi (Foto: Covesia)

Covesia.com - Puluhan pohon cemara laut penangkal tsunami di sepanjang pantai Pasir Jambak, Kota Padang, Sumatera Barat bertumbangan akibat dihantam gelombang tinggi yang terjadi dalam satu pekan ini.

"Sudah banyak bertumbangan akibat gelombang tinggi, paling parah dalam dua hari belakangan," ujar warga setempat Izul kepada Covesia.com, Jumat (29/5/2020).

"Berkemungkinan akan bertambah, karena gelombang tinggi masih mengintai. Biasanya terjadi saat air pasang, pada pagi hari dan malam hari."

"Kami kuatir, gelombang juga mengancam rumah kami," sambung Izul.

Pantauan Covesia.com, lebih dari separuh pohon cemara laut ini yang ditanam pada tahun 2006 di masa pemerintahan Walikota Fauzi Bahar tumbang.

Pada masa itu, Pemko Padang sengaja menanam sekitar 5 ribu pohon di sepanjang pantai. Mulai dari pantai Muaro Padang hingga Pasir Jambak sebagai mitigasi bencana tsunami yang mengancam kota tersebut.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga