Selesai Salurkan BLT Dana Desa, Pemkot Pariaman Mendapat Apresiasi dari Mendes PDTT

Selesai Salurkan BLT Dana Desa Pemkot Pariaman Mendapat Apresiasi dari Mendes PDTT Walikota Pariaman, Genius Umar (Foto: dok.humas)

Covesia.com - Selesai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa tahap pertama untuk 4.600 kartu keluarga (KK) yang terdampak Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mendapatkan apresiasi dan ucapan terimaksih dari kementerian terkait.

"Cepatnya penyaluran BLT yang bersumber dari dana desa tidak terlepas dari peran kepala desa dan dinas terkait," kata Walikota Pariaman, Genius Umar pada Sabtu (30/5/2020).

Lanjut Genius, hal itu karena pihaknya bersama pemerintahan desa, sebelumnya sudah mendata dan meverifikasi keluarga yang ada di desa se-Kota Pariaman.

"Makanya setelah dana itu ada kami langsung menyalurkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19," katanya. 

Dikatakan Genius, dalam penyalurannya pihaknya bekerjasama dengan BUMN yang memiliki agen di desa-desa.

"Sehingga pengambilan BLT tersebut sudah dilakukan warga sebelum lebaran melalui ATM dan agen BNI yang ada di desa-desa," ucapnya. 

Masing-masing penerima mendapatkan Rp600 ribu selama tiga bulan yaitu mulai April hingga Juni 2020.

Terhadap penerima bantuan, pihaknya memasang stiker di rumah penerima dan hal itu juga sebagai upaya agar terjadi keterbukaan serta dampak sosial bagi keluarga kaya. Kemudian agar bantuan yang diberikan tidak tumpang tindih dengan bantuan yang bersumber dari dana lainnya.

Genius menyebutkan, karena Kota Pariaman menjadi salah satu daerah yang selesai menyalurkan BLT tahap pertama maka daerah itu mendapatkan apresiasi dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI Abdul Halim Iskandar.

"Ucapan terimakasih dan apresiasi dari Mendes PDTT tersebut disampaikan melalui surat dengan nomor 1781/PRI.00/V/2020 yang ditujukan kepada Wali Pota Pariaman," ungkapnya. 

(per)


Berita Terkait

Baca Juga