Masyarakat Koto Gadang Agam Temukan Puluhan Kuncup Bunga Rafflesia

Masyarakat Koto Gadang Agam Temukan Puluhan Kuncup Bunga Rafflesia Tampak tim BKSDA saat meninjau temuan puluhan kuncup Bunga Raflesia di Koto Gadang, Kabupaten Agam (Foto: dok.bksda)

Covesia.com - Masyarakat Nagari Koto Gadang, Anam Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menemukan populasi bunga Langka Jenis Rafflesia di Hutan Cagar Alam Maninjau.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam mengatakan habitat tumbuhan tersebut pertama kali ditemukan oleh Adrian (53) bersama 14 orang temannya saat mengunjungi air terjun yang terletak tidak jauh dari pemukiman setempat.

Atas temuan tersebut dua hari kemudian masyarakat yang lain juga datang untuk melihat fenomena tanaman langka tersebut.

"Selanjutnya masyarakat melaporkan temuan tersebut kepada BKSDA Resor Agam dan pada hari selasa kemarin Tim BKSDA mendatangi lokasi temuan tersebut," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Rabu (3/6/2020).

Dari hasil hasil identifikasi diketahui bunga tersebut berjenis Rafflesia Arnoldi, berdasarkan hasil eksplorasi ditemukan 6 titik tumbuh bunga rafflesia, serta puluhan knop bunga rafflesia berbagai ukuran.

"Salah satu bunganya sudah mekar sempurna pada hari keenam, dengan diameter 86 Cm. Dilokasi kami juga Kami juga menemukan 20 titik tumbuh bunga rhizanthes, yang juga termasuk kedalam salah satu jenis tumbuhan langka dilindungi," lanjutnya.

Dijelaskan Ade, Lokasi sebaran tumbuhan langka dan dilindungi jenis bunga Rafflesia ini merupakan sebaran ke 14 di kabupaten Agam. "Semakin bertambahnya sebaran bunga langka tersebut berpotensi menjadi daya tarik wisata minat khusus atau wisata alam di Kabupaten Agam," tutur Ade.

Atas temuan tersebut pihaknya akan memasang papan informasi dan membuat pagar pengaman, karena bunga ini dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga