Pelaku Pembuang Bayi di Bukittinggi Berhasil Ditangkap

Pelaku Pembuang Bayi di Bukittinggi Berhasil Ditangkap Pelaku A orang tua laki-laki bayi (kiri) dan orang tua perempuan (kanan) saat diamankan di Mapolsek Kota Bukittinggi, Sabtu (13/6/2020)(Foto: Covesia/ Debi)

Covesia.com - Polsek Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menangkap pelaku pembuangan bayi yang ditemukan dikawasan Tambuo Tigo Baleh, Minggu (7/6/2020) lalu.

Kapolsek Kota Bukittinggi, Dedy Adriansyah Putra, Sabtu (13/6/2020) malam mengatakan pelaku tak lain adalah orang yang pertama kali menemukan bayi itu sendiri dengan melakukan rekayasa penemuan dan melaporkannya ke RW setempat.

A (20) tahun orangtua laki-laki bayi, warga Ampang Gadang ditangkap dikawasan Kampung Cina Bukittinggi, Sabtu sore yang kemudian disusul penangkapan terhadap L (21) ibu bayi warga Pasaman Barat yang tinggal dikosannya di Aur Kuning.

"Dugaan sementara pelaku A merekayasa penemuan bayi itu karena malu memiliki anak diluar pernikahan," ujarnya.

Pelaku A dan L sudah berpacaran kurang lebih 1,5 tahun dan sama-sama bekerja dikawasan Aur Kuning dan mereka berencana akan menikah usai lebaran Idul Adha nanti.

Sebelumnya, L (21) sendiri melahirkan bayinya berjenis kelamin perempuan pada Sabtu (6/6/2020) pukul 23.45 WIB di salah satu bidan di Bukittinggi.

Namun menurut pengakuan L, bayinya rencananya akan dibawa ke orangtua laki-laki di Ampang Gadang usai A mengantarkannya ke kosannya di kawasan Aur Kuning, namun pelaku A berubah pikiran dengan merekayasa penemuan bayi di tambuo Tigo Baleh di dalam sebuah kardus dan memberitahukannya ke RW setempat.

Sementara pengakuan A, ia merasa takut karena memiliki anak diluar nikah namun masih tetap ingin merawat bayinya namun merekayasa menemukan bayi untuk bisa diadopsi agar tidak diketahui bahwa bayi itu anaknya sendiri.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga