Pohon Pisang Seribu Tumbuh di Anduring Padang, Bikin Penasaran!

Pohon Pisang Seribu Tumbuh di Anduring Padang Bikin Penasaran Penampakan pohon pisang seribu di pekarangan rumah salah seorang warga di RT 3 RW 5 Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang. Foto: Fachruddin

Covesia.com - Sebuah pohon pisang dengan tandan panjang dan yang biasa disebut pisang seribu buah tumbuh di pekarangan rumah salah seorang warga di RT 3 RW 5 Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Berbeda dengan pohon pisang biasanya, pohon pisang ini memiliki tandan menjuntai sepanjang sekitar 1,5 meter dan diperkirakan memiliki seribu buah.

Pemilik pohon pisang tersebut, Zulyani (59), mengatakan batang pisang ini berumur sekira empat bulan. Bibitnya diperoleh dari salah seorang temannya di kawasan Lubuk Begalung Padang.

"Bibitnya saya minta di Lubuk Begalung kepada salah seorang teman sekitar empat bulan lalu. Dia memiliki pohon pisang dengan buah seperti ini juga. Sepertinya menarik, ibu minta bibitnya sebatang. Rupanya tumbuh seperti ini," ujarnya saat ditemui di rumahnya, Senin (15/6/2020).

Dia tidak mengetahui jenis tanaman tersebut. Meski demikian, masyarakat di lokasi tempat dia meminta bibit pisang tersebut mengenalnya dengan sebutan 'pisang seribu buah'.

Di lingkungan tempat tinggal Zulyani, pohon pisang seribu buah merupakan pohon pisang yang pertama kali tumbuh untuk jenis yang sama.

Pohon pisang ini sudah memiliki tujuh anakan. Diperkirakan, tandan pohon pisangnya akan terus tumbuh dan berbuah hingga seribuan.

"Soalnya, di tempat saya minta pohon pisang ini, tandannya ada yang panjangnya mencapai dua meter," ujarnya.

Akibat keunikannya, lanjut Zulyani, tetangganya pun sudah ada yang ingin minta bibit pohon pisang itu kepadanya. Namun, Zulyani tidak mau memberinya karena pohon pisangnya ini baru pertama kali berbuah. 

"Selain itu, pohon pisang ini juga mulai dikunjungi oleh warga untuk berfoto," katanya.

(fkh/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga