Sikabu Desa Pertama di Pariaman Dicanangkan Sebagai Kawasan Tangguh Covid-19

Sikabu Desa Pertama di Pariaman Dicanangkan Sebagai Kawasan Tangguh Covid19 Pencanangan Desa Sikabu sebagai Desa Tangguh Covid-19.

Covesia.com - Polres Kota Pariaman mencanangkan Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), sebagai kampung tangguh Covid-19.

Hal itu ungkapkan Walikota Pariaman, Genius Umar, pada Selasa (16/6/2020), sebab Desa Sikabu telah mempersiapkan diri dalam menghadapi Covid-19.

"Ada sejumlah penilaian terhadap Desa Sikabu sehingga bisa ditetapkan sebagai desa tanggug Covid-19," sebut Genius saat pencanangan Kampung Tangguh Nusantara "Desa Sikabu Sigap" bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Penilaian itu seperti dari segi kesehatan, karena desa tersebut telah membuat tempat karantina jika ada perantau yang pulang kampung.

Kemudian desa tersebut dinilai memiliki ketahanan ekonomi, karena memiliki lahan pangan baik dari segi pertanian maupun perikanan.

"Selain itu Desa Sikabu ini juga memiliki standar keamanan yaitu memiliki CCTV dan dinyatakan sebagai kampung bebas dari narkoba," ucapnya.

Genius juga menyebutkan, Desa Sikabu merupakan desa pertama yang dinyatakan tangguh Covid-19 di Kota Pariaman.

Sementara itu, Kapolres Kota Pariaman, AKBP Deny Rendra Laksmana mengatakan, program pencanangan ini adalah dalam rangka hut Bhayangkara.

"Karena kami melihat kesiapsiagaan Desa Sikabu terhadap Covid-19 makanya desa tersebut dapat dijadikan percontohan bagi desa lainnya," ungkapnya. 

"Dengan telah dicanangkan tersebut, sehingga Desa Sikabu bisa diusulkan sebagai peserta lomba dalam memperingati hari Bhayangkara nanti," jelasnya. 

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga