4.891 Dukungan Ganda Ditemukan, Dua Paslon Perorangan di Pilkada Limapuluh Kota Ini Saling Klaim

4891 Dukungan Ganda Ditemukan Dua Paslon Perorangan di Pilkada Limapuluh Kota Ini Saling Klaim ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Proses tahapan Verifikasi Faktual calon Perseorangan Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota mulai berjalan oleh KPU setempat. Dalam verifikasi administrasi, dua paslon perseorangan Ferizal Ridwan - Nurkhalis dan Maskar Dt Pobo - Masril dinyatakan lolos.

Namun, ditemukan 4.891 dukungan warga, kedua paslon independen itu saling klaim.

Guna menjaga dukungan, tim Ferizal Ridwan - Nurkhalis (FN) dan Maskar Dt Pobo - Masril (Duo Mas) siap menggerakkan kembali tim sukses masing-masing. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir jumlah dukungan karena ditemukan dukungan ganda.

"Kami pasti mengawal jumlah dukungan yang sekarang ditemukan ganda oleh KPU. Para relawan yang tersebar di seluruh nagari akaj diberikan mandat," sebut Maskar Dt Pobo kepada Covesia.com melalui seluler, Jumat (19/6/2020). 

Disebutkannya, dukungan yang diberikan kepada KPU pada Februari 2020 silam, sudah sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh KPU. Namun, tetap ditemukan dukungan Duo Mas kepada Ferizal Ridwan.

Untuk itu, saat verifikasi faktual dilaksanakan pada 27 Juni hingga 10 Juli 2020, relawan Maskar Dt Pobo akan melakukan pendekatan persuasif kepada para pemberi dukungan untuk memastikan dukungan kepada petugas KPU di lapangan.

"Jadi saat Verifikasi Faktual, para relawan akan menjaga dukungan kami. Bagi dukungan yang ganda, nanti relawan akan memastikan dukungan tersebut untuk saya atau kepada Ferizal - Nurkhalis. Yang jelas, jangan sampai jumlah dukungan kami berkurang sampai mengurangi jumlah syarat minimal paslon perseorangan sebanyak 22.539 dukungan," ucapnya.

Sementara itu, Ferizal Ridwan mengaku yakin seluruh dukungan ganda tersebut adalah miliknya. Pasalnya, pasangan Ferizal Ridwan - Nurkhalis adalah paslon perseorangan yang pertama kali mengumpulkan dukungan menggunakan B1-KWK dan mencantumkan nama calon Bupati dan Wakil Bupati.

"Baru saja kami mengambil aplikasi online dukungan di KPU pada Desember 2019, kami sudah menggunakan formulir B1-KWK dan ada disana nama saya sebagai calon bupati dan Nurkhalis sebagai Wakil Bupati. Sedangkan paslon perseorangan yang lain baru bergerak pada akhir Januari 2020. Jadi kami sangat yakin sekali seluruh dukungan ganda tersebut adalah milik kami," sebut Ferizal.

Ditambahkan Ferizal, pihaknya juga siap turun gunung untuk menjaga kompetisi yang adil dan jujur dalam setiap tahapan pilkada. Pasalnya, paslon perseorangan lain mengumpulkan dukungan tidak sesuai logika dan sangat jauh dari aturan yang ditetapkan KPU.

"Jadi logikanya, paslon perseorangan yang lain ini baru berpasangan dan mengumpulkan dukungan pada akhir januari 2020. Kemudian pertengahan Ferbruari sudah terkumpul 25 ribu lebih dukungan ke KPU dalam waktu setengah bulan. Jadi bagi KPU, Bawaslu dan masyarakat tolong buka mata dan tajamkan telinga," sebut Ferizal. 

Sebelumnya, hasil verifikasi administrasi KPU Kabupaten Limapuluh Kota menyatakan terdapat 4.891 dukungan ganda dalam dukungan Ferizal Ridwan - Nurkhalis dan 4.889 dukungan ganda  dalam dukungan Maskar Dt Pobo - Masril. 

Walaupun ada dukungan ganda, seluruh dukungan paslon perseorangan Ferizal - Nurkhalis sebanyak 29.273 dukungan dan Maskar Dt Pobo - Masril sebanyak 25.411 dukungan tetap akan dilanjutkan di tahap Verifikasi Faktual.

(Agg) 

Berita Terkait

Baca Juga