Pemko Pariaman Berencana Perluas Area TPA

Pemko Pariaman Berencana Perluas Area TPA Kepala Dinas Perkim-LH, Kota Pariaman, M. Syukri

Covesia.com - Aga tidak terjadi penumpukan sampah, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mengupayakan perluasan tempat pembuangan akhir (TPA) di daerah.

"Rencana dari 1,3 hektare akan diperluas menjadi 4,3 hektare dan nanti akan diterapkan sanitary renville," sebut Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH) Kota Pariaman, M. Syukri pada Selasa (30/6/2020).

Lanjut Syukri, ini juga atas tantang pemerintah pusat untuk memperluas TPA, sehingga dibantu dibangunkan TPA yang dilengkapi sanitary renville.

Sanitary renville adalah sistem penyaringan air sampah dengan membuat sejumlah kolam, dimana kolam terakhir ikan bisa hidup sehingga air tersebut layak untuk dibuang ke sungai.

"Sistem tersebut, air sampah tidak dilangsung terserap tanah dan mencemarinya namun disaring terlebih dahulu," jelasnya. 

Syukri menyebutkan, untuk memperluas TPA itu pihaknya menyewa tanah warga.

"Diharapkan akhir tahun ini perluasannya bisa terealisasi," ujarnya. 

Kata Syukri, terkait hal itu pihaknya juga sudah membawa warga setempat ke Sawahlunto untuk melihat pengelolaan TPA di sana. Sebab di sana pengelolaannya sudah baik dengan sistem lahannya sewa.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga