Polisi Ringkus Tersangka Narkoba Asal Palembang di Pasaman, 52 Kilogram Ganja Diamankan

Polisi Ringkus Tersangka Narkoba Asal Palembang di Pasaman 52 Kilogram Ganja Diamankan Tersangka beserta barang bukti yang berhasil diamankan Polres Pasaman, Selasa (30/6/2020)(Foto: Ist)

Covesia.com - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat kembali meringkus seorang tersangka dalam kasus tindak pidana penyalahgunaan Narkotika golongan I jenis Ganja.

Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya mengatakan tersangka itu diringkus di samping rumah makan roda baru Jorong Biduak, Nagari Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol sekitar pukul 04.30 WIB, Selasa (30/6/2020) tadi.

"Tersangka berinisial TB (51) warga Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan," terang Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya kepada Covesia.com.

Dari tangan tersangka kata AKBP Hendri Yahya berhasil diamankan Barang Bukti (BB) berupa 52 paket besar diduga Narkotika jenis Ganja kering.

"Masing-masing terdiri dari 40 paket besar dibalut dengan lakban warna coklat dan 12 paket besar dibungkus dengan kantong plastik warna merah putih. Kemudian satu unit mobil merek toyota Avanza warna Putih dengan menggunakan nomor polisi sebanyak dua buah," tambah AKBP Hendri Yahya.

Sementara Kasatres Narkoba Polres Pasaman, Iptu Syafri Munir mengatakan penangkapan itu berawal setelah mendapat informasi bahwa akan ada yang membawa Narkotika jenis Ganja kering di Kabupaten Pasaman.

"Kemudian Satresnarkoba melakukan penyelidikan dan penyisiran sepanjang jalan di Kecamatan Rao, Pasaman. Sewaktu anggota melakukan pengintaian, lalu melintas satu unit mobil merek Toyota Avanza warna putih. Karena merasa curiga dengan gerak gerik pengemudi, maka langsung dilakukan pengejaran terhadap mobil tersebut," terang Iptu Syafri Munir.

Selanjutnya kata dia saat dilakukan penyetopan di depan mako Polsek Rao, anggota Satresnarkoba menyuruh pengemudi untuk berhenti. Namun mobil tidak mau berhenti dan berusaha kabur dari kejaran petugas. 

"Kemudian dilakukan penyetopan di sawah panjang Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman. Namun mobil tersebut juga tetap tidak mau berhenti. Sehingga dilakukan pengejaran kemudian sewaktu sampai di rumah makan roda baru Kecamatan Bonjol (TKP). Malah mobil tersebut berputar arah lagi ke arah Lubuk Sikaping dan di daerah Ujung Rajo, Kecamatan Bonjol mobil tersebut berhasil ditemukan serta mengamankn satu orang tersangka TB (51)," katanya.

Sehingga kata dia tersangka lainnya langsung melarikan diri dari kejaran aparat (DPO).

"Setelah tersangka TB (51) dapat diamankan kemudian diinterogasi apa yang dibawanya dan diakui membawa diduga Narkotika jenis Ganja kering (BB). Namun Ganja kering tersebut sudah dikeluarkan dari dalam mobil sewaktu anggota Sat Resnarkoba melakukan pengejaran," katanya.

Saat ini tersangka beserta barang bukti dibawa ke polres Pasaman guna proses penyidikan lebih lanjut. Tersangka pengedar Narkotika itu kata dia melanggar pasal 114 jo 112 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

(hri/nod)

Berita Terkait

Baca Juga