Pool Test Dharmasraya Sudah Menyasar 52 Nagari, Tingkat Kepercayaan 95%, Hasil Negatif

Pool Test Dharmasraya Sudah Menyasar 52 Nagari Tingkat Kepercayaan 95 Hasil Negatif Ilustrasi

Covesia.com - Kepala Dinas Kesehatan dr Rahmadian S sebagai Juru bicara Penanganan Covid-19 mengatakan, Dharmasraya sudah melaksanakan pool test untuk 52 Nagari dengan tingkat kepercayaan mencapai 95% dengan berbasis epidemiologi. Sedangkan hasil pemeriksaan seluruh sampel dinyatakan negatif.

"Sehingga, 49 Nagari sudah bisa dinyatakan zona hijau, 3 Nagari lagi masih berproses karena masih ada kasus Covid-19 yang belum sembuh di atas 80% dari jumlah kasus," ungkapnya dalam keterangan resmi yang dikutip, Kamis (27/2020). 

Dia menyatakan, untuk nagari dengan zona hijau bisa bertahan, jika setiap nagari mau melakukan swab terhadap setiap pelaku perjalanan dari daerah terjangkit (PPT) dan setiap ODP, serta PDP. 

"Sehingga nagari kita benar-benar menjadi nagari normal baru yang tetap produktif dan aman dari Covid-19. Tentunya protap kesehatan untuk normal baru tetap dijalankan," katanya.

Dia menjelaskan, suatu daerah dikatakan zona hijau jika pool test sampel yang dilakukan swab dengan target minimal dan tercapai 100% dengan hasil negatif semua.

"Itulah yang sudah dilakukan oleh 52 nagari tersebut, tidak ada penambahan kasus Covid-19 selama 28 hari, dan tingkat kesembuhan pasien di atas 80%," imbuhnya.

Sementara itu, dia menambahkan, kegiatan swab test telah dilakukan kepada 1.156 orang dengan positif 22 orang dan sembuh 18 Orang.

Rapid test pada Rabu (1/7/2020) dilakukan kepada 106 orang, total menjadi 5.227 orang dengan 80 reaktif dan sudah diswab semua.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga