Peringatan HUT ke-18, DPRD Puji Kemajuan Kota Pariaman

Peringatan HUT ke18 DPRD Puji Kemajuan Kota Pariaman Suasana saat rapat paripurna secara online di Aula DPRD Kota Pariaman.

Covesia.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar sidang paripurna dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-18 di tengah pandemi Covid-19. Peringatan HUT tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu digelar secara online.

Sidang paripurna pada HUT Kota Pariaman ke-18 tersebut mengusung tema Pariaman Tangguh Produktif, setelah wabah yang berdampak pada berbagai sektor, termasuk sektor ekonomi itu diadakan di Aula DPRD Kota Pariaman, guna mengurangi kerumuman.

Dalam sidang paripurna itu, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora menyampaikan, proses menjadikan Kota Pariaman sebagai kota otonom menerupakan perjuangan dari anak nagari, demi memajukan Pariaman itu sendiri.

"Pariaman menjadi Kota Otonom pada 2 Juli 2002, dan hari ini kita peringati ulang tahun ke-18, dimana Kota Pariaman saat ini sudah mulai melihatkan kemajuannya," sebutnya.

Dalam Hut ke-18 tersebut, Fitri Nora mengapresiasi Pemerintahan Kota (Pemkot) Pariaman yang telah melakukan berbagai pembangunan di  kota tersebut, termasuk dalam penanganan Covid-19. Bahkan DPRD Kota Pariaman juga telah membuat Pansus Covid demi cepatnya penanganan wabah itu di kota tersebut. 

"Kami bersinergi dengan Pemkot Pariaman untuk memberatas penyebaran Covid-19 di kota ini dengan cara membentuk pansus dan selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19," ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar menyebutkan, dalam sidang paripurna Hut ke-18 Kota Pariaman ini, dilakukan secara berbeda, yakni secara online dibeberapa lokasi yaitu, di DPRD Kota Pariaman, Balai Kota Pariaman, dan kantor camat.

"Rapat di DPRD Pariaman dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Anggota dewan serta forum komunikasi pimpinan daerah, serta tokoh masyarakat dan tamu undangan," jelasnya.


Sedangkan kepala organisasi pimpinan daerah berada di aula Balai Kota Pariaman, lalu camat, lurah, dan kepala desa berada di kantor camat setempat. Pada rapat tersebut diterapkan protokol kesehatan Covid-19 mulai dari menggunakan masker hingga menjaga jarak.

Dalam momentum Hut itu, Genius juga menyampaikan, bahwa ia dan wakilnya Mardison Mahyuddin baru menjabat satu tahun sembilan bulan, dengan dukungan dari seluruh pihak termasuk DPRD Kota Pariaman mereka telah bisa melaksanakan beberapa program diantaranya Saga Saja, Pembangunan Pariaman dan mengembangkan konsep Watherfront City.

"Konsep Waterfront City cini adalah usulan dari Pemkot pada kementrian dan disetujui. Selain itu juga ada CSR dari berbagai pihak," ucap Genius.

Kemudian dari segi kesehatan lanjut Genius, pihaknya sudah memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat Kota Pariaman, yang saat ini sudah mencapai angka 92 parsen, namun ia juga minta kepada DPRD untuk melakukan penambahan.

"Ini terlaksana sinergi dari pemerintahan pusat hingga daerah, kami juga minta kepada pengusaha untuk mengasuransikan tenaga kerjanya sehingga tidak ada lagi masyarakat Kota Pariaman yang tidak memiliki asuransi," ujarnya.

Ke depan Kota Pariaman ini akan dibangun atas sinergi pemerintah dan DPRD Kota Pariaman, keterpaduan dua hal ini akan menghasilkan perda untuk kemajuan daerah. Termasuk dukungan dari masyarakat sehingga mewujudkan Pariaman Tangguh dan Produktif.

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga