Jadikan Sumbar Market Leader Kawasan Regional Sumatera, Ini Strategi Fakhrizal-Genius

Jadikan Sumbar Market Leader Kawasan Regional Sumatera Ini Strategi FakhrizalGenius Pasangan Fakhrizal-Genius

Covesia.com - Untuk menjadikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), sebagai market leader di kawasan regional Sumatera, semuanya sangat mungkin dilakukan dan dengan biaya yang tidak terlalu besar, namun berdampak sangat luar biasa terhadap percepatan pergerakan ekonomi masyarakat.

Hal itu diungkapkan oleh Walikota Pariaman, Genius Umar yang juga Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumbar jalur perseorangan (independen) mendampingi Irjen Pol Fakhrizal, pada Kamis (2/7/2020).

"Caranya, Pemprov Sumbar harus bisa intervensi dan merangkul kota dan kabupaten untuk menjadikan Sumbar market leader di kawasan regional ini," sebutnya. 

Lanjut Genius, jadi itu bukan program mustahil bagi pihaknya, semua sangat mungkin dilakukan.

"Sangat bisa dan posible sekali, Insya Allah bisa, serta tidak sulit, terpenting pemerintah provinsi itu tahu dengan peran dan fungsinya," ujar Genius.

Genius mengatakan, tugas provinsi itu jadi penghubung aksesibilitas kota dan kabupaten di provinsinya. Salah satunya dalam pembangunan infrastruktur jalan agar bisa mempersingkat waktu serta biaya murah.

“Sebab, sudah semestinya Sumbar memiliki infrastruktur. Karena jalan berputar dan melingkar itu habiskan waktu di Sumbar ini," ujar Genius.

"Masak dari Bonjol Pasaman ke Suliki Limapuluh Kota waktu tempuh di google map hampir dua jam. Padahal jika dibuatkan jalan tembusnya hanya 15-20 menit saja sampai ke Suliki. Palingan biayanya hanya sekitar 10 miliar," ungkapnya.

Tapi dampaknya dari sisi waktu dan perekonomian sangat besar terhadap masyarakat di daerah itu, kemudian objek wisata juga bisa bergerak. 

Kemudian kata Genius, seperti Padang Pariaman ke Tanah Datar, bisa dibuatkan jalan tembus dari Asam Pulau Lubuk Alung ke Malalo. Jaraknya hanya sekitar 12 meter, dan tidak perlu lewat Lembah Anai lagi.

"Kawasan Sumbar dengan Riau mesti satu padu dan mudah akses menjadi kawasan regional dengan Malaysia, tapi tetap Sumbar jadi market leadernya," ujar Genius.

Begitu juga infrastruktur  jalan dari Teluk Kuantan, Dharmasraya, Solok Selatan hingga ke Pesisir Selatan. Kawasan ini bisa disatu padukan lewat akses jalan, sehingga pergerakan masyarakat bisa lebih cepat, potensi objek wisata dan ekonomi maayarakat juga turut terangkat. Begitu juga jalur pesisir dari Padang, Pariaman, Pasaman hingga ke Pasir Pangaraian Riau, Duri dan Dumai hingga terus ke selat Malaka. Jika itu dibangun, betapa luar biasanya, karena potensi daerah juga akan terangkat.

"Memang, menjadikan infrastruktur mudah dan cepat guna menjadikan Sumbar market leader pasti biayanya besar. Karena itu, gubernur atau wakil gubernur Sumbar ke depan harus orang yang mampu berkolaborasi dengan pemerintah pusat, pastinya tentu tidak dari calon partai oposisi. Kalau bisa meyakinkan strategisnya Sumbar sebagai market leader di kawasan regional ini, Insya Allah Bappenas dan Kemeterian PUPR siap berkolaborasi dengan pemerintahan di daerah," ungkap Genius. 

Bagi Genius, selagi pemerintah daerah bisa berinovasi dan tentunya berkolaborasi dengan pemerintah pusat, semua itu akan posible.

"Tentunya ada niat baik dari pemimpin Sumbar ke depan dan kecerdasannya dalam memetakan potensi yang ada," ucapnya.

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga