Tiga Ekor Sapi Warga Diusulkan Pemda Agam untuk Menjadi Hewan Qurban Presiden

Tiga Ekor Sapi Warga Diusulkan Pemda Agam untuk Menjadi Hewan Qurban Presiden Sapi yang diusulkan menjadi hewan qurban presiden pada hari raya Idul Adha tahun 1440 Hijriyah (Foto: Istimewa)ⁿ

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengusulkan 3 ekor sapi warga menjadi hewan qurban presiden pada hari raya  Idul Adha 1441 hijriyah mendatang.

Kepala dinas Pertanian (Distan) Agam, Arief Restu melalui Kasi Kesmavet Iswan Hendri mengatakan, ke-3 ekor sapi ini adalah milik Efendi Rasyid warga Lundang Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek, dengan bobot sapi 1,02 ton dan dua ekor Sapi milik Fian warga Aro Kandikir Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang dengan bobot 920 kilogram dan 900 kilogram.

Ketiga sapi ini adalah sapi terbaik hasil ternak warga Agam dan sudah diusulkan ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat Pada bulan Mai lalu,” ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Sabtu (4/7/2020).

Disebutkan Iswan Hendri, tiga ekor sapi tersebut diusulkan menjadi qurban RI 1 setelah melalui seleksi oleh petugas di lapangan, baik dari segi bobot maupun kesehatannya.

Setelah usulan setiap daerah lanjutnya, data sapi tersebut akan direkap dan setelah diterima Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), barulah pemprov dan pihak kepresidenan melakukan survei lapangan.

Pada Idul Adha tahun 2017 dan 2019 lalu, sapi warga Agam juga pernah dipinang orang nomor 1 Indonesia untuk menjadi hewan qurban, hal itu menjadi suatu kebanggaan pemerintah daerah dan juga bagi pemiliknya.

"Tentunya kita senang karena sapi yang selama ini dipelihara dipilih warga Agam menjadi hewan qurban pimpinan negara," tutupnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga