PHBI Akan Selenggarakan Sholat Idul Adha 1441 H di Halaman Kantor Gubernur Sumbar

PHBI Akan Selenggarakan Sholat Idul Adha 1441 H di Halaman Kantor Gubernur Sumbar Kabiro Mental dan Kesra Setdaprov. Drs. Syaifullah, MM (Foto: dok.humas)

Covesia.com - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Sumatera Barat akan menyelenggarankan ibadah hari raya idul adha 1441 H yang jatuh pada hari Jumat tanggal 31 Juli 2020 mendatang.

"Penyelenggaraan Ibadah Idul Adha yang lebih dikenal hari raya qurban, akan dilaksanakan di halaman kantor gubernur dengan tetap berpedoman disiplin protokol kesehatan dimasa pendemi covid 19," ungkap Kabiro Mental dan Kesra Setdaprov. Drs. Syaifullah,MM seusai acara Rapat PHBI Sumatera Barat di Aula Kantor Gubernur, Senin sore (6/7/2020).

Syaifullah juga sampaikan, khatib idul adha, Prof Dr.H. Duski Samad MAg. Ketua MUI Padang, Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumbar dan imam : ustadz Hj. Syaihul Basir Lc.

"Panitia akan mempersiapkan segala kebutuhan dilapangan baik memasang tali shaf, mimbar dan yang terpenting tentu sarana protokol kesehatan antisipasi penyebaran Covid-19. Menempatkam beberapa wastafel di pintu kedatangan, thermogun pengukur suhu tubuh," ujarnya.

Syaifullah juga mengatakan, setiap orang wajib pakai masker dan membawa sajadah masing-masing dan  bagi masyarakat yang kurang sehat dan berpenyakitan sebaiknya di rumah saja.

"Pelaksanaan sholat idul adha 1441 H, mengingat dimasa tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19, kita tetap waspada dan menerapkan disiplin protokol kesehatan. Dan diharapkan masyarakat dan jemaah sholat idul adha 1441 H dapat mentaati disiplin protokol kesehatan secara baik," harapnya.

Syaifullah juga mengingatkan, jika hari hujan maka penyelenggaraan sholad id dapat dilaksanakan di Masjid Raya Sumatera Barat. 

"Jika hari hujan otomatis kegiatan penyelenggaraan sholat idul adha 1441 H akan diselenggarakan di masjid raya Sumatera Barat. Dan kita berharap semua komponen pantia, pihak keamanan dapat mendukung dan melakukan pengaman dalam acara ini," ajak Syaifullah. 

Dan Syaifullah juga mengatakan, Alhamdullillah masyarakat Sumatera Barat tahun ini juga masih mendapat perhatian  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan penyembelihan sapi qurban seberat 1, 060 ton,  yang dilaksanakan pada hari Sabtu di halaman masjid Raya Sumatera Barat.

(ril/don)

Berita Terkait

Baca Juga