Dua Warga Limapuluh Kota Kembali Dinyatakan Positif Covid-19

Dua Warga Limapuluh Kota Kembali Dinyatakan Positif Covid19 Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Setelah sebulan tanpa adanya kasus penambahan positif Covid-19, Kabupaten Limapuluh Kota kembali dihebohkan dengan adanya dua warga Kecamatan Luhak dinyatakan positif Covid-19, Selasa (7/7/2020). Dua kasus baru ini diduga terpapar dari salah seorang pasien positif Covid-19 di Kota Padang.

Informasi yang dihimpun Covesia.com, dua orang tersebut adalah AY (29) dan F (12). Keduanya merupakan satu keluarga dan diduga terpapar dari saudaranya berinisial N yang bekerja sebagai perawat di salah satu Rumah Sakit di Kota Padang. 

Terpaparnya dua orang warga Limapuluh Kota ini berawal dari keluarga besarnya yang berjumlah 12 orang pergi berwisata ke kawasan Mandeh bersama N tanggal 28 Juni 2020 silam. Sepulang dari Mandeh, N mengalami muntah-muntah dan demam disertai batuk maupun sesak nafas. 

Merasa dirinya ada gejala Covid-19, keesokan harinya meminta untuk dilakukan SWAB di Kota Padang. Ternyata hasil N keluar pada hari Kamis (2/7/2020) dan dinyatakan positif covid-19.

Dari tracking N inilah, dilakukan SWAB ke 12 orang keluarga besarnya yang dari Limapuluh Kota pergi ke Mandeh sebelumnya. Hasilnya, dua orang dinyatakan positif hari ini, Selasa (7/7/2020).

"Dua orang yang positif hari ini di Limapuluh Kota, terpapar dari saudaranya yang bekerja sebagai perawat di Kota Padang. Sebelumnya mereka pergi ke Mandeh untuk bertamasya bersama-sama tanggal 28 Juni 2020 kemaren," sebut kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Dr. Tien Septino kepada covesia.com melalui seluler.

Mengetahui adanya dua warga Limapuluh Kota yang bertambah positif Covid-19, akan dilakukan tracking kepada mereka yang kontak langsung dengan dua warga ini secara langsung sejak 14 hari terakhir.

"Sekarang tim sedang melakukan tracking di Limapuluh Kota," sebutnya.

Sedangkan dua warga yang positif ini saat ininsedang menuju Kota Padang untuk menjalani karantina di Padang Besi. 

"Dua warga ini sedang dibawa ke Pasang untuk di Karantina," kata Tien.

Dengan adanya penambahan dua warga ini, berarti sudah ada 14 orang Limapuluh Kota yang positif terpapar Covid-19. Namun, 12 orang sebelumnya sudah dinyatakan sehat.

"Baru kemarin kami dinyatakan zona hijau. Karena 12 orang yang positif covid-19 kemarin ini sudah sembuh semua. Tapi sekarang merah lagi karena ada dua warga yang baru positif covid-19," tutupnya.

(agg) 


Berita Terkait

Baca Juga