Salat Idul Adha akan Digelar di Lapangan Wirabraja Bukittinggi

Salat Idul Adha akan Digelar di Lapangan Wirabraja Bukittinggi Ilustrasi - Dok. Covesia

Covesia.com - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar pelaksanaan salat Idul Adha 1441 H di Lapangan Wirabraja. 

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, Rabu (8/7/2020) mengatakan keputusan itu diambil setelah mengeluarkan kebijakan membuka masjid untuk melaksanakan salat Jumat dan salat berjamaah dan memberikan kesempatan masyarakat beraktivitas di Masjid.

"Pertimbangan lainnya, kemungkinan perantau akan banyak yang pulang kampung merayakan Idul Adha di kampung halaman, sehingga kemungkinan madjid tidak mampu menampung membludaknya jamaah salat Idul Adha 1441 H," ungkapnya.

Meski demikian, tambah Ramlan, pemerintah kota maupun masyarakat tetap menjalankan protokol penanggulangan Covid-19 secara ketat. 

"Nanti tikar salat akan digelar memanjang ke belakang, bukan memanjang ke samping seperti salat Ied setiap tahunnya. Ini mencegah jamaah salat dengan rapat," terangnya. 

Selain itu, Imam dan Khatib akan diambil dari dalam Kota Bukittinggi saja, untuk menjaga keamanan dan memutus penularan Covid-19. 

Pemakaian masker tetap diwajibkan dan jamaah salat Idul Adha tetap harus mencuci tangan menggunakan sabun serta menjaga jarak.

"Untuk kepastian tata pelaksanaan salat Idul Adha, akan dirapatkan lebih lanjut dengan PHBI dan pihak terkait lainnya," ucapnya. 

Ramlan menegaskan, jika masyarakat tetap disiplin memakai masker saat keluar rumah dan tetap rajin cuci tangan, maka insyaallah Kota Bukittinggi akan tetap aman dari penularan Covid-19. 

(dbi/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga