Hujan Deras Sedari Siang, Kota Padang Dilanda Banjir dan Pohon Tumbang

Hujan Deras Sedari Siang Kota Padang Dilanda Banjir dan Pohon Tumbang Tim TRC BPBD Kota Padang saat mengevakuasi warga yang terjebak banjir menggunakan perahu karet di kawasan Alai, Kota Padang, Rabu (8/7/2020)(Foto: dok.bpbd)

Covesia.com - Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) sejak pukul 14.00 WIB hingga sore, pada Rabu (8/7/2020), sehingga sejumlah titik di wilayah tersebut dilanda banjir dan pohon tumbang.

Hal itu benarkan oleh Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra saat dihubungi covesia.com pada Rabu (8/7/2020) malam. 

"Ada sejumlah titik yang dilanda banjir di Kota Padang berdasarkan laporan masuk hingga pukul 18.10 WIB tadi," sebut Sutan Hendra.

Lanjut Sutan Hendra, lokasi banjir tersebut, yaitu di kawasan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, mencapai 40 centimeter pukul 15:00 WIB.

Kemudian, banjir juga terjadi di kawasan belakang rumah sakit Ibnu Sina, Gunung Pangilun, Kota Padang. Di lokasi tersebut genangan air mencapai setinggi 45 centimeter.

Selanjutnya, banjir terjadi di kawasan Tabing Banda Gadang, dengan ketinggian air mencapai 30-40 centimeter.

Lokasi lainnya yang juga digenangi banjir yaitu di jalan Cendrawasih, ketinggian genangan air sekira 40 centimeter. Akibatnya, jalan tidak bisa dilalui kendaraan bermotor dan untuk sementara akses jalan ditutup.

Banjir juga terjadi di kawasan Lolong. Lokasi tersebut tergenang air setinggi 40 centimeter dan juga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Kemudian, banjir juga terjadi di sekitaran Siteba, ketinggian genangan air dilaporkan mencapai 50 centimeter. Tidak jauh dari lokasi tersebut, wilayah jalan Joni Anwar, Lapai dan Depan SJS Plaza juga tergenang dengan ketinggian air 50 centimeter.

Lokasi lainnya berada di depan SD 03 Alai dengan ketinggian air mencapai 60 centimeter. Akses Jalan dari Lampu Merah Simpang Alai Menuju Gunung Panggilun sementara ditutup.

Sutan Hendra menyebutkan, pihaknya telah menurunkan tim ke lokasi untuk melakukan evakuasi, diperkirakan sebanyak 25 warga yang terdampak genangan air sekitar Alai.


Bukan hanya banjir kata Sutan Hendra, pohon tumbang juga terjadi di Kota Padang, dilaporkan menimpa rumah dan kendaraan bermotor roda dua di jalan Rambutan Nomor 50, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, saat ini hal itu sudah ditangani oleh Tim TRC.

Lalu pohon tumbang terjadi di Jembatan Baru siteba (didepan Kamang Perabot). Saat ini sedang dalam penanganan oleh Tim TRC. Pohon tumbang juga terjadi di Parak Jigarang, Bandes, RT 01 RW 04 Kelurahan Anduring.

Pohon tumbang tersebut menghambat akses jalan dan menimpa kendaraan bermotor roda dua. Saat ini sedang menunggu penanganan.

Kemudian, juga dilaporkan satu unit jembatan putus, lokasinya di Depan SMP 42 Pasir Jambak PNT, saat ini sedang menunggu penanganan. 

(per/don)

Berita Terkait

Baca Juga