Pessel Catat Tidak Ada Lagi Kasus Covid-19 dalam Satu Bulan Ini, Berikut Updatenya

Pessel Catat Tidak Ada Lagi Kasus Covid19 dalam Satu Bulan Ini Berikut Updatenya Ilustrasi (Dok.Covesia)

Covesia.com - Update data penanganan dan penyebaran bahaya Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat (Sumbar) tercatat sudah satu bulan lebih tidak ada lagi penambahan kasus baru, jumlah kasus positif Covid-19 di daerah itu, ada sebanyak 18 kasus. 

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pesisir Selatan, Selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Rinaldi menyampaikan, sampai hari ini Rabu (8/7/2020) tercatat tidak ada lagi penambahan kasus baru, dan jumlah kasus yang tercatat yaitu tetap 18 kasus. 

"Berdasarkan catatan, sudah satu bulan lebih tidak ada lagi penambahan, dan jumlah kasus tetap 18 kasus dengan rincian 17 orang telah dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia," sebutnya pada Covesia.com 

Ia menerangkan, selain tidak adanya lagi penambahan kasus, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di daerah itu, juga tidak ada. 

"Untuk PDP sudah tidak ada lagi, semuanya sudah sembuh dan dinyatakan negatif," jelasnya.

Kemudian kata Rinaldi, untuk Orang Dalam Pantauan (ODP) juga berkurang dan sudah selesai menjalani pantauan. 

"Jumlahnya ada sebanyak 365 orang, selesai menjalani masa pemantauan sebanyak 349 orang, dan masih dalam proses pantauan tinggal 16 orang lagi," katanya.

Lanjutnya, untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) di daerah itu, sudah tidak ada lagi, dan untuk Notifikasi atau pelaku perjalanan, yang masih dalam proses pemantauan ada sebanyak 296 orang.

"OTG sebanyak 872 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan. Sedangkan, Notifikasi sebanyak 8.375 orang juga telah selesai menjalani proses pemantauan, tinggal 296 lagi dalam proses pemantauan," ujarnya

Sementara lanjutnya lagi, untuk pelaksanaan karantina ODP dan OTG di Rusunawa Painan, hari ini sudah tidak ada atau nihil. 

"Tidak ada lagi yang dikarantina. Sebab, sebanyak 322 orang yang dikarantinakan sudah selesai menjalani proses pemantauan dan karantina selama 14 hari," ujarnya lagi.

Kendati demikian, artinya kondisi Kabupaten Pesisir Selatan, saat ini sudah masuk zona hijau. Karena, berdasarkan penanganan dengan tingkat kesembuhan hampir 100 persen. 

"Kita sudah memasuki zona hijau. Dengan demikian, Pemkab Pessel berencana akan memulai proses belajar mengajar Senin depan (13/7/2020), dengan syarat harus mematuhi protokoler Covid-19, begitu juga untuk warga lain, harus patuhi protokol Covid-19, saat beraktivitas," tutupnya.

(ind)


Berita Terkait

Baca Juga