Kerap Resahkan Warga, Polisi Ringkus Dua Pelaku Jambret di Agam

Kerap Resahkan Warga Polisi Ringkus Dua Pelaku Jambret di Agam Press Release Penangkapan Dua orang pelaku Jambret oleh Polres Agam, Senin (3/8/2020)(Foto:Covesia/ Johanes)

Covesia.com - Kerap Beraksi di Kecamatan Lubuk Basung dan Tanjung Mutiara, 2 orang komplotan jambret berhasil diringkus Polres Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan mengatakan, tersangka berinisial RK (22) dan AA (29) warga Pasar Durian Kilangan, Jorong Langgam Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat.

"2 dari 3 orang tersangka berhasil kami tangkap Jumat (31/7/2020) kemarin di rumah saudaranya di kecamatan Tanjung Mutiara, sementara itu satu orang lagi masuk Daftar Pencarian Orang (DPO)," ujarnya saat melakukan Konferensi Pers di mako Polres Agam, Senin (3/8/2020).

Dijelaskan Kapolres Agam, kedua pelaku dan 1 DPO sudah menjalankan 6 kali aksi penjambretannya selama bulan Juli 2020 dengan daerah operasi Kecamatan Lubuk Basung dan Tanjung Mutiara. "Untuk korban rata-rata adalah wanita dan saat melintas di kawasan yang sunyi," jelasnya.

Dalam menjalankan aksinya, ketiga pelaku membagi tugas yaitunya sebagia pemantau situasi, pengendara motor dan eksekutor atau yang menjambret korban.

"Setiap akan melakukan aksi pelaku mencari sasaran yang tepat, mereka berbagi peran, ada yang sebagai pengintai yang bertugas menentukan korban dan memantau situasi. Kemuadian setelah dirasa aman 2 orang lagi datang menghadang korban dan merampas dompet tas dan HP milik target," katanya lagi.

Saat penangkapan Polisi berhasil mengamankan 1 unit sepeda motor yang digunakan sat operasi, Tas, Dompet dan HP milik korban dan beberapa senjata tajam yang digunakan tersangka jika korban melawan.

Kepada polisi pelaku mengaku hasil jambret yang mereka lakukan digunakan untuk membeli Narkoba dan kebutuhan sehari-hari. Atas perbuatannya tersangka diancam pasal 365 jo Pasal 363 jo 362 KUHP dengan ancaman Maksimal 9 tahun penjara.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga