Diajak Gabung Koalisi Poros Baru di Pilkada Sumbar, Ini Respon PDIP

Diajak Gabung Koalisi Poros Baru di Pilkada Sumbar Ini Respon PDIP ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Koalisi Poros Baru yang terdiri dari PKB, Nasdem, dan Golkar mengajak PDIP untuk ikut bergabung bersama-sama mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) pada Pilkada mendatang.

Ketua DPD PDIP Sumbar, Alex Indra Lukman, mengatakan koalisi tersebut memang digagas sejak Desember 2019 oleh PDIP, PKB, dan Golkar. Namun, seiring perjalanan waktu, pasangan calon tidak dapat dikerucutkan.

"Oleh karena itu, DPD PDIP Sumbar sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh DPP Partai menyerahkan seluruh berkas pencalonan," ujarnya saat dihubungi Covesia via pesan singkat, Selasa (4/7/2020).

Dia menjelaskan nama-nama yang diberikan oleh DPD PDIP Sumbar ke DPP, di antaranya Ketua DPD Demokrat Sumbar Mulyadi, Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Bangso, Wakil Gubernur Sumbar yang juga kader Gerindra Nasrul Abit, serta Bupati Kabupaten Solok Gusmal.

Menurut Alex, keputusan DPP akan keluar pada Agustus ini. Jika seandainya calon yang diputuskan DPP sama dengan calon yang diusung oleh koalisi poros baru, maka otomatis PDIP akan berkoalisi dalam Pilkada Sumbar. Jadi, saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan DPP tersebut.

"Kalau calon yang diputuskan DPP PDI Perjuangan sama dengan yang diusung oleh partai lain maka secara otomatis akan terbentuk koalisi," jelasnya.

(fkh/adi)

Berita Terkait

Baca Juga