Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Polisi Razia Warga yang Tak Gunakan Masker di Kota Padang

Kasus Positif Covid19 Meningkat Polisi Razia Warga yang Tak Gunakan Masker di Kota Padang Jajajaran Dalmas Ditsamapta Polda Sumbar saat menegur pengemudi mobil yang tak indahkan ptrotokol kesehatan atau tidak gunakan masker, di Kota Padang, Kamis (6/8/2021)( Foto: Fakhru)

Covesia.com - Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), terus mengalami peningkatan. Di sisi lain, sebagian masyarakat masih belum disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. 

Untuk itu, Polda Sumbar melaksanakan Operasi Aman Nusa II di tujuh lokasi check point di Kota Padang. Operasi kali ini dititikberatkan kepada razia pemakaian masker.

"Kita laksanakan di Simpang Kandang, Air Mancur, Olo Ladang, NPM, lalu di tempat keramaian yakni Plaza Andalas, Transmart, dan Basko," ujar Kasubdit Dalmas Ditsamapta Polda Sumbar, AKBP Edison kepada wartawan saat Operasi Aman Nusa II di Simpang Kandang, Kamis (6/8/2020).

Razia dilakukan mulai hari ini secara bertahap hingga Januari tahun depan.

Kata Edison, Operasi Aman Nusa II kembali dilaksanakan disebabkan semakin meningkatnya jumlah kasus positif di Kota Padang.

"Jumlah yang terinfeksi Covid-19 dalam tiga hari belakangan ini meningkat. Pertambahannya cukup tinggi," jelasnya.

Ya, berdasarkan informasi dari Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal, terjadi penambahan 7 kasus positif pada Selasa (4/8/2020), dan 14 kasus pada Rabu (5/8/2020). Kemudian, pada hari ini, terjadi penambahan 11 kasus positif. 

Di sisi lain, terang Edison, sebagian masyarakat di Kota Padang masih belum disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19, salah satunya tidak menggunakan masker. Pihak kepolisian perlu turun tangan untuk melakukan pengawasan.

Berdasarkan pantauan Covesia di lokasi check point di Simpang Kandang Pasar Raya Padang, sejumlah personil kepolisian tampak melakukan razia kepada masyarakat atau pengunjung pasar yang melalui posko itu.

Bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker, maka akan ditegur dan diminta menggunakan masker oleh petugas. Bagi yang menggunakan kendaraan, baik roda empat atau roda dua, maka kendaraannya diberhentikan terlebih dahulu. 

Pantauan Covesia, masih ditemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker. Mereka yang lupa membawa masker dari rumah, bisa membeli masker kepada pedagang eceran  yang ada di kawasan itu. 

"Masyarakat wajib menggunakan masker. Apalagi saat ini kita masih suasana pandemi Covid-19," sampai Edison.

(fkh/don)


Berita Terkait

Baca Juga