Dr. Andani: Kami Sudah Prediksi Terjadi Letupan Kasus Positif Covid-19 di Sumbar

Dr Andani Kami Sudah Prediksi Terjadi Letupan Kasus Positif Covid19 di Sumbar Dr. Andani Eka Putra

Covesia.com - Data hari ini menunjukkan angka positif Covid-19 di Sumbar mencapai 47 orang. Artinya sudah 3,3 % untuk angka positif sejak pamdemi Covid-19. Meski demikian angka itu masih di bawah standar WHO yakni 5 %. 

"Angka ini sangat terkait dengan pergerakan orang, khususnya dari luar provinsi," ungkap Penanggungjawab Laboratorium Unand yang menangani pemeriksaan Covid-19 di Sumbar, Dr. Andani Eka Putra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/8/2020).

Dia mengatakan, pihaknya dan Dinkes setempat, sudah memprediksi akan ada letupan seperti ini. 

"Tinggal sekarang bagaimana pelacakan tetap konsisten dengan kapasitas besar," jelasnya.

Menurutnya, semua yang ditemukan hari ini tanpa gejala atau ringan, namun mereka adalah "silent spreader" yang jika tidak ditemukan akan menjadi penular bagi orang lain. 

Terkait dengan kondisi tersebut, pihaknya mengimbau instansi terkait bersama-sama menjelaskan ke masyarakat bahwa situasi masih terkendali dan apa yang ditemukan merupakan proses pencarian kasus. 

"Mari bersama-sama mengingatkan orang dari luar provinsi untuk memeriksakan diri (swab) ke puskesmas atau bandara. Tetap jalankan protokol Covid-19 karena ini menandakan kita menyayangi keluarga, rekan kerja dan tetangga," ujarnya. 

Menurut Andani, kodisi saat ini tidak perlu dianggap sebagai gelombang kedua, sebab ini hanya bagian proses pandemi. 

"Jika ini disebut gelombang kedua, maka nanti akan ada lagi gelombang 3, 4 dan seterusnya. 

Pengalaman di Eropa dan Amerika hanya ada 1 gelombang. Bagi negara yang terkendali, tidak ada fase puncak atau puncak cenderung datar dengan riak-riak. "Ini adalah riak-riak tersebut," imbuhnya.

"Mari saling mendukung untuk menpertahankan Sumbar tetap terkendali. Saat ini adalah bagian dari pengendalian tersebut," pungkasnya. 

(ril/ila)

Berita Terkait

Baca Juga