Sempat Kontak Sosial dengan Kasus Positif Sebelumnya, 220 Orang di Pasaman Barat Lakukan Tes Swab

Sempat Kontak Sosial dengan Kasus Positif Sebelumnya 220 Orang di Pasaman Barat Lakukan Tes Swab Tim medis saat melakukan tes usap di Pasaman Barat (Dok. Covesia)

Covesia.com - Gugus tugas percepatan penanggulangan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat kembali melakukan tes Swab terhadap ratusan warga setempat yang sempat kontak sosial dengan kedua pasien positif Covid-19 di daerah itu.

Juru bicara gugus tugas setempat, dr Gina Alecia mengatakan langkah tersebut tetap diambil meskipun uji Swab terhadap 111 orang sebelumnya itu dinyatakan negatif.

"Kami tetap melakukan tes Swab terhadap 220 orang yang pernah kontak dengan kedua pasien positif di dua tempat hari ini. Pertama ada sekitar 131 orang menjalani tes di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Kemudian ada 89 orang di Puskesmas Sungai Aur," terang Bupati Yulianto melalui juru bicara, dr Gina Alecia, Senin (10/8/2020) tadi.

dr Gina Alecia mengatakan 220 orang itu merupakan hasil pelacakan atau tracing tim Gugus Tugas COVID-19 terhadap orang yang pernah kontak dengan pasien positif SP (30) dan CBR (25).

"Selain itu juga ada warga yang melapor ingin di tes usap karena merasa pernah kontak dengan pasien," tambah dr Gina Alecia.

Menurut dr Gina Alecia pelaksanaan tes usap di Puskesmas Sungai Aur disebabkan oleh pasien yang pernah menghadiri pesta pernikahan beberapa hari yang lalu.

"Sehingga diduga banyak masyarakat yang kontak dengan pasien. Kemudian sisanya merupakan rekan kerja kedua pasien yang belum melakukan tes usap," katanya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap konsisten mematuhi protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 didaerah itu.

(hri/nod)


Berita Terkait

Baca Juga