Januari hingga Juni 2020, Pemkot Pariaman Keluarkan 142 IMB

Januari hingga Juni 2020 Pemkot Pariaman Keluarkan 142 IMB Kepala DPMPTSP dan Tenaga Kerja Kota Pariaman, Alfian Harun.

Covesia.com - Selama periode Januari hingga Juni 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mengeluarkan 142 Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Lokasi paling banyak untuk IBM itu di daerah Kecamatan Pariaman Utara, dan itu untuk pengembangan membangun rumah bersubsidi dengan menjadikan suatu lahan komplek perumahan," sebut Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pariaman, Alfian Harun pada Kamis (13/8/2020).

Lanjut Alfian, dengan banyaknya pengembang mengajukan IMB maka pihaknya menyimpulkan bahwa pandemi Covid-19, tidak begitu berpengaruh signifikan terhadap perkembangan ekonomi bagi pengembang di daerah itu.

"Buktinya, pada Januari 2020 jumlah IMB yang diajukan 18, Februari ada 8,  Maret juga 8, April sebanyak 43, Mei 7, dan Juni 58," katanya. 

Alfian mengatakan, dalam hal itu pihaknya menurunkan tim untuk memastikan lokasi pembangunan tidak melanggar aturan.

"Aturan yang dimaksud, yaitu diantaranya harus sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah dan tidak alih fungsi lahan persawahan," ujarnya. 

Dikatakan Alfian, meskipun tinggi pengajuan IMB, tapi masih ada warga dan pihak lainnya yang tidak mengurus izin untuk mendirikan bangunan di Kota Pariaman.

"Kami sudah membuat tim gabungan untuk mengedukasi terkait IMB ini," ujarnya.

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga