Satu Pohon di Nagari Koto Malintang Agam Masuk Pohon Terbesar di Dunia

Satu Pohon di Nagari Koto Malintang Agam Masuk Pohon Terbesar di Dunia Pohon besar jenis Medang (Litsea sp) yang tumbuh di Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumbar (Foto: dok.bksda agam)

Covesia.com - Satu pohon besar jenis Medang (Litsea sp) yang tumbuh di Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) masuk ke dalam pohon dengan diameter terbesar di dunia.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Ade Putra mengatakan, tercatat keliling pohon mencapai 14,5 meter dengan diameter mencapai 4,5 meter lebih dan tinggi lebih dari 35 meter. 

"Ukuran ini termasuk ke dalam, kelompok pohon dengan ukuran diameter terbesar di dunia," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Kamis (20/8/2020).

Dijelaskan Ade, Pohon ini tumbuh berjarak 1 kilometer dari pemukiman masyarakat di Koto Malintang, jika menuju ke sana bisa dilakukan dengan berjalan kaki menyisiri perkebunan warga dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. 

Ukuran pohon raksasa dari yang tumbuh di selingkaran Danau Maninjau ini lanjut Ade, hampir menyerupai pohon terkenal dari jenis Agathis yaitunya pohon Tane Mahuta yang berada di Hutan Waipoua, Selandia Baru dengan diameter 4,4 meter dan tinggi 50 meter yang sudah ada sejak 1.250 tahun yang lalu.

Selain itu, Keberadaan pohon ini juga turut mendukung Nagari Koto Malintang mendapatkan penghargaan tertinggi bidang lingkungan yaitu Kalpataru dari Presiden Indonesia yaitu pada tahun 2013 silam.

“Adanya potensi kekayaan keanekaragaman hayati ini, tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia, khususnya kabupaten Agam, jadi pohon ini haruslah mendapatkan perhatian dan perlindungan yang maksimal," pungkasnya.

(jhn/don)

Berita Terkait

Baca Juga