Ditanya Mahyeldi Perihal Cara Berantas Korupsi, Ini Jawaban Genius Umar!

Covesia.com – Pergelaran debat antara paslon Gubernur Sumbar dilakukan beberapa segmen. Salah satunya adalah paslon saling mempertanyakan visi misi dari lawannya. 

Di satu segmen, paslon no urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy menanyakan visi dan misi dari paslon nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar. 

Sebelumnya, pasangan Fakhrizal-Genius menyampaikan, birokrasi hadir untuk mengurus masyarakat, bukan mempersulit masyarakat. 

“Birokrasi di satu sisi harus transparan, adil, partisipatif, sementara di sisi lain harus efektif dan efesien. Birokrasi seperti ini akan menjadi jembatan bagi terciptanya masyarakat yang cerdas dan pemerintah yang responsif,” ujarnya, Kamis (3/12/2020).

Kemudian Genius menyebutkan bahwa tujuan birokrasi adalah untuk publik service, yang berarti birokrasi harus bekerja untuk melayani publik bukan untuk dilayani publik. “Dari presiden, menteri, gubernur, bupati hingga camat gunanya untuk melayani,” tuturnya.

Mahyeldi-Audy berkesempatan menanggapi jawaban dari Fakhrizal-Genius. Ia menanyakan perihal bagaimana paslon no urut 3 memberantas korupsi. 

Menurut Genius, harus adalah pemisah yang jelas antara politik dengan birokrasi. “Ketika penentuan jabatan terjadilah gangguan intervensi dari partai politik terhadap birokrasi, ini yang tidak boleh,” jelasnya.

(lia)

0 Comments

Leave a Comment

5 × 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password