Bank Nagari Painan dan SMK N I Sutera Jalin Kolaborasi dalam Peningkatan Daya Saing Tenaga Kerja

Covesia.com – Bank Nagari Cabang Painan, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Sutera di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menjalin kolaborasi dalam rangka meningkatkan daya saing tenaga kerja lulusan sesuai kebutuhan. 

Acara yang pada Kamis (3/12/2020), Bank Nagari Cabang Painan bersama Sekolah SMKN I Sutera, mengadakan kerjasama shering dengan tema “Tim Perumusan Komitmen Budaya Kerja dalam Rangka Meningkatkan Kebekerjaan Lulusan SMKN 1 Sutera”. 

Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan, Heri Fitrianto mengatakan, kerjasama atau kolaborasi yang dilakukan sangat bermanfaat dan sangat penting dilakukan oleh Bank Nagari Painan dan SMKN I Sutera. 

Sebab menurutnya, ada beberapa kebutuhan pokok yang sama-sama dibutuhkan oleh sekolah kejuruan dan bank nagari sendiri. 

“Ini sangat perlu kita terapkan dalam kerjasama. Karena, bank nagari fokus dengan bisnis dan perbankannya. Nah, dan wadah tersebut ada di sekolah kejuruan dengan jurusan akutansinya,” sebutnya pada Covesi.com.

Selain itu, sesuai dengan target dalam bisnis dan perbankan. Ada kewajiban lain yang mesti diterapkan oleh bank nagari. Yaitu, membangun masyarakat dibidang pendidikan. 

“Selain kewajiban bank nagari fokus dalam bisnis. Tetapi, bank nagari juga memiliki kewajiban dalam membangun masyarakat dan lingkungan pendidikan,” ujarnya. 

Kemudian, kata Pinca, dengan kolaborasi ini melalui shering dengan tema budaya kerja dalam meningkatkan kebekerjaan lulusan sekolah. 

Nantinya, sekolah bisa menerapkan budaya kerja yang dimiliki oleh bank nagari untuk diimplementasikan dan diterapkan di sekolah tersebut. Agar, tingkat dan daya saing lulusan dalam bekerja berkulitas bagus sesuai kebutuhan tempat dia bekerja.

“Nah, jika cocok, tentu apa yang ada di bank nagari bisa diterapkan disekolah. Setelah itu, apa yang ada di bank nagari tadi, bisa juga diberikan kepada anak didik. Sebagai bekal, bekerja di tempatnya masing-masing bekerja. Seperti itulah, prinsipnya,” ucap Pinca Painan, Heri Fitrianto. 

Secara terpisah, Kepala Sekolah SMKN I Sutera, Lili Suryati menyampaikan, dengan adanya shering dan kolaborasi antara bank nagari dengan pihak sekolah. 

Ia berharap, ini dapat memberikan dampak positif bagi tenaga kerja yang ada di sekolah, dan juga nanti kedepannya untuk lulusan sekolah. 

Sebab, sama-sama diketahui bank nagari memiliki program dan budaya kerja yang sudah patri pada karyawannya, dan juga telah teruji tingkat dan strategi budaya kerjanya dalam bekerja. 

“Insyaallah, apa yang diberikan dan yang dipaparkan oleh Pinca bapak Heri tadi, bisa kita implementasikan disekolah,” katanya. 

Setelah itu, lanjut Lili, dengan implementasi yang bagus dan berjalan seperti yang diterapkan bank nagari, seluruh lulusan dan stekholder yang ada disekolah. 

Tentu, bisa menimbulkan dan memacu, setiap lulusan dan stekholder dalam peningkatan kualitas budaya kerja kedepannya. 

“Sehingga nantinya, mereka dengan cepat menyesuaikan diri dengan iduka yang ada. Supaya ketika ada perekrutan. Itu bisa jadi meningkatkan daya saing lulusan dari sekolah. Terutama, bagi lulusan dari jurusan akuntansi dan keuangan lembaga kita disekolah,” ucapnya. 

Tambahnya, kolaborasi yang dibangun seperti hari ini lanjut Lili, tidak hanya dilakukan dengan bank nagari saja. 

Tetapi, ada dengan tiga perusahaan lainnya, sesuai kebutuhan lulusan dari masing-masing jurusan yang ada disekolah. 

“Ada 4 kerjasama yang telah kita lakukan. 1. Bank Nagari, 2. PT. Capella Cabang Padang, untuk jurusan Teknik Kendaraan Ringan, 3.  PT. Sharp untuk jurusan Teknik Audio Video dan 4. PT. PLN Wilayah Sumatera Barat, untuk jurusan Teknik Instalasi tenaga listrik,” tutupnya

(ind)

0 Comments

Leave a Comment

1 + 11 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password