Wujudkan Ketahanan Pangan, WMI Bagikan Media BUDIKDAMBER Gratis ke Pondok Pesantren

Covesia.com – Lembaga Sosial Kemanusiaan Wahana Muda Indonesia (WMI) kembali mendistribusikan Media Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDAMBER) kesejumlah lokasi di Kota dan Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Ketua WMI Solok Raya, Irwan Firdaus. ST mengatakan pendistribusian Media BUDIKDAMBER kali ini difokuskan kepada Pondok Pesantren yang ada di Kota yakni Ponpes Daruttalib, Ponpes Warassatul Ambiya, dan ponpes Taruna Rabbani di Kabupaten Solok, Juga kepada Puluhan warga dampingan WMI disekitar Kota Solok.

“hari ini WMI mendistribusikan Media BUDIKDAMBER di 3 ponodok Pesantren yang ada di Kota dan kabupaten Solok dengan tujuan agar Santri di Pondok Pesantren dapat belajar beternak ikan yang dimulai dari media yang kecil yakni ember, yang bila mereka sudah menguasai ilmu dalam berbudidaya ikan dalam media kecil insyaallah para santri juga pengasuh pondok dapat dengan mudah mengembangkan dalam media yang lebih besar seperti kolam maupun Biovlog” kata Irwan saat pendistribusian BUDIKDAMBER di Pondok Pesantren Rabbani Kabupaten Solok, Minggu (20/12/2020)

Irwan mengatakan, BUDIKDAMBER merupakan program Ketahanan Pangan keluarga berbasis relawan dan warga yang digagas oleh WMI dimasa Pandemi Covid-19, sehingga BUDIKDAMBER diharapkan dapat menjadi media alternatif bagi warga dalam beternak ikan dan bercocok tanam disekitar rumah dengan lahan yang sempit.

“Istilah lainnya BUDIKDAMBER ini adalah Kulkas Hidup dan Kebun mini bagi masyarakat yang memiliki media ini, karena selain dapat beternak ikan kita juga bisa menanam sayuran diatas media BUDIKDAMBER, dengan demikian masyarakat dapat mengurangi biaya belanja dapur apabila mereka dapat mengelola BUDIKDAMBER dengan baik” urai Irwan dalam keterangan tertulisnya yang diterima Covesia, Senin (21/12/2020).

“WMI bukan sekedar memberikan Media begitu saja, namun juga dibarengi dengan edukasi dan pendampingan sehingga tingkat kepemahaman dan keberhasilan dapat terukur dan terwujud” sambung Irwan.

Irwan menjelaskan, Pendistribusian Media BUDIKDAMBER WMI ini bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Kantor Wilayah Sumatera Barat, dimana pihak BI melalui Program Sosialnya membantu pengadaan Media sebanyak +- 350 BUDIKDAMBER untuk Wilayah Kota Solok.

Diketahui sebelumnya, sejak Pandemi Covid-19 melanda Indonesia WMI aktif dalam Program Pencegahan Covid-19 baik dalam Edukasi dan Sosialisasi juga dalam penyemprotan Disinfektan dilingkungan warga juga Fasilitas Umum. dan salah satu program yang dilahirkan dalam masa Pandemi Covid ini adalah Program Ketahanan Pangan keluarga dengan BUDIKDAMBER sebagai medianya juga pemanfaatan Botol bekas air mineral sebagai media tanaman sayur-mayur.

(ril/dnq)

0 Comments

Leave a Comment

five × two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password