Peringati Hari Ibu, Walikota Pariaman: Perjuangkan Kesejahteraan dan Hak Perempuan Komitmen Kami

Covesia.com – Peringatan Hari Ibu ke-92 dan HUT Dharma Wanita ke-21 Tingkat Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), walikota daerah tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen memperjuangkan kesejahteraan dan hak perempuan di daerah itu. 

“Banyak program di Kota Pariaman ini untuk kaum ibu atau perempuan kami  buat, serta komitmen kesetaraan gender,” sebut Walikota Pariaman, Genius Umar pada Senin (28/12/2020) usai kegiatan tersebut. 

Lanjut Genius, program yang dimiliki itu dijalani oleh masing-masing dinas terkait. Seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) serta Dinas Kesehatan Kota Pariaman.

Kemudian, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan UKM Kota Pariaman, yakni dengan melaksanakan pelatihan kepada pelaku usaha kecil yang pesertanya sebagian besar merupakan perempuan. 

Selanjutnya, melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, ikut membantu produktivitas ekonomi perempuan di daerah itu melalui kelompok wanita tani yang jumlah 72 kelompok. 

“Pelatihan itu juga dilakukan oleh Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga dan Gabungan Organisasi Wanita Kota Pariaman,” katanya. 

Genius mengatakan, untuk kesetaraan gender pihaknya juga menempatkan perempuan untuk memimpin organisasi perangkat daerah, seperti dari DP3AKB serta Perindagkop dan UKM. 

(per)

0 Comments

Leave a Comment

17 − 12 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password