2.010 Tenaga Kesehatan di Pasaman Barat Bakal di Vaksin Sinovac

Covesia.com-Sekitar 2.010 tenaga kesehatan di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat bakal di Vaksin Sinovac. Pemberian vaksin tersebut diperkirakan dimulai awal tahun sampai bulan April.

“Tenaga kesehatan yang di vaksin ini meliputi dokter, perawat, bidan dan pekerja di rumah sakit,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat Jon Hardi, Kamis (7/1/2021).

Ia mengatakan pemberian vaksin itu juga berdasarkan data yang telah dikirim ke Dinas Kesehatan Sumatera Barat. Pemberian vaksin dilakukan pada bulan Januari hingga April.

“Pemberian vaksinasi di periode pertama akan diberikan kepada tenaga kesehatan seperti tenaga kesehatan di RSUD Jambak, RS Yarsi dan puskesmas,” katanya.

Diungkapkan Jon Hardi, berdasarkan informasi Bio Farma, pendistribusian vaksin Covid-19 telah dilakukan serentak sejak Selasa (5/1) kemaren secara nasional.

Sedangkan vaksin tersebut saat ini untuk wilayah Sumatera Barat masih disimpan pada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat setelah itu baru disebarkan keseluruh kabupaten dan kota.

Sedangkan pihaknya saat ini masih menunggu vaksin. Jika telah sampai, maka akan segera mengatur jadwal pemberian vaksin terhadap tenaga kesehatan.

“Informasi dari Biofarma masih dalam proses pengiriman. Jika sudah sampai, kita akan segera mengatur jadwal vaksinasi,” jelasnya.

Ia juga menerangkan untuk pemberian vaksin, pihaknya tidak serta merta menginjeksi tenaga kesehatan dengan vaksin tersebut. Akan tetapi melakukan verifikasi terlebih dahulu.

“Bagi tenaga kesehatan yang pernah positif, kita keluarkan. “Jika sudah pernah positif COVID-19 tidak perlu di vaksin lagi karwna sudah terbentuk antibodinya,” terangnya.

Menurutnya ada tahapan dalam pemberian vaksin tersebut, pertama tenaga kesehatan, kemudian pelayanan publik dan masyarakat rentan seperti lansia serta masyarakat pada umumnya.

“Vaksin ini akan diberikan ke warga hingga 2022 nanti. Namun prioritas awal untuk tenaga kesehatan,” tutupnya.

(hri)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen − three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password