Inilah Keuntungan dan Risiko Asuransi Pendidikan Anak yang Wajib Diketahui

Covesia.com – Tepatkah orang tua menggunakan instrumen asuransi sebagai cara mengumpulkan dana pendidikan anak? Pelajari keuntungan dan risiko lengkapnya berikut.

Tidak ada orang tua yang ingin mengorbankan kebahagiaan dan masa depan anak. Pendidikan adalah salah satu jalur kesuksesan terbaik bagi buah hati. Abai terhadap kebutuhan dana pendidikan anak sering terjadi karena kurang perencanaan dan persiapan, bukan kesengajaan. Melalui Mega Investasi Link dari PFI Mega Life, sebuah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi. Dengan produk ini orang tua bisa mulai menabung dana pendidikan anak.

Mempersiapkan dana pendidikan untuk anak sudah selayaknya menjadi bagian dari perencanaan finansial setiap orang tua. Tidak terbayang bukan jika seandainya harapan dan masa depan anak harus putus karena kurangnya persiapan dana? 

Nah, salah satu cara paling umum dalam pengumpulan dana pendidikan adalah dengan asuransi pendidikan. Namun, apakah asuransi pendidikan sudah tepat digunakan sebagai persiapan terbaik masa depan dan kesuksesan anak? 

Simak dulu ulasan berikut yang membahas tuntas mengenai kelebihan dan risiko asuransi pendidikan anak.

7 Kelebihan Asuransi Pendidikan Anak

1. Lebih rendah risiko

Pendidikan anak bukanlah hal yang bisa dipertaruhkan dengan gampang. Namun, investasi tentunya selalu ada tingkat risiko terkait jenis investasi yang dijalankan. Banyak orang tua yang pastinya tidak ingin mengambil risiko tinggi jika sudah menyangkut dana pendidikan anak.

Salah satu cara untuk memastikan kontrol risiko terhadap dana pendidikan anak adalah dengan asuransi pendidikan anak. Jika orang tua jeli memilih perusahaan asuransi, pengelolaan dana pendidikan bisa dialokasikan semaksimal mungkin untuk hasil imbalan yang terbaik.

2. Potensi tingkat pengembalian rata-rata lebih tinggi

Dikarenakan lebih rendah risiko, asuransi pendidikan anak tidak seagresif dalam mengejar return. Namun, jika dibandingkan dengan bunga bank, persentase pengembalian asuransi rata-rata lebih tinggi dan potensial secara jangka panjang. 

Suku bunga rata-rata tabungan konvensional berkisar 0-2 persen tergantung besaran penempatan dan rata-rata di bawah 6 persen untuk tabungan deposito. Pada performa terbaik asuransi dalam jangka panjang, bunga rata-rata bisa saja mencapai di atas 10 persen.

3. Dana terus bertumbuh

Dengan sistem premi yang wajib dibayar dalam periode tertentu (bulanan, triwulan, tahunan), komitmen finansial untuk menabung dana pendidikan akan lebih terwujudkan dengan asuransi pendidikan. 

Adanya risiko lapse atau gagal bayar sehingga berpotensi hangus sering menjadi pemicu orang tua tetap konsisten menabung via asuransi pendidikan demi masa depan anak. Ini tentu berbeda dengan investasi lain yang menunggu momen penempatan atau jual beli untuk meraup profit. Padahal, komitmen adalah salah satu modal penting untuk perjalanan menyimpan dana pendidikan terbaik anak. 

4. Keringanan pajak

Berbeda dengan tabungan di bank, pemegang polis bisa berinvestasi melalui asuransi pendidikan tanpa harus membayar pajak. Seperti yang diketahui, premi asuransi tidak dikenakan PPN karena termasuk ke dalam jenis bukan jasa kena pajak, sebagaimana diatur Pasal 4A UU Nomor 42/2009. Karena itu, kinerja investasi akan semakin maksimal tanpa melanggar peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. 

5. Proteksi 100% masa depan anak

Salah satu kelebihan terbesar dari asuransi pendidikan anak karena terkait kondisi kesehatan/jiwa pembayar polis. Jika orang tua sebagai pemegang polis mengalami kematian, anak sebagai penerima manfaat akan menerima 100 persen jumlah dana yang diasuransikan. Polis asuransi pendidikan akan terus berjalan sesuai ketentuan yang berlaku, termasuk terus efektif menutupi biaya pendidikan seterusnya. 

6. Tersedia option rider (fitur tambahan) 

Pada kebanyakan produk asuransi pendidikan, orang tua bisa menambahkan fitur tambahan untuk jaminan dana pendidikan yang semakin kuat. Misalnya, orang tua bisa membeli opsi perlindungan cacat tubuh. Ini akan memberikan nilai manfaat pembayaran nilai uang tunai atau pembebasan uang premi. Dengan demikian, cacat tubuh tidak menjadi halangan agar asuransi pendidikan anak tetap berjalan efektif demi membayar biaya pendidikan yang dibutuhkan. 

7. Bisa dimulai kapan saja secara terarah

Orang tua bisa memulai asuransi pendidikan anak sedini mungkin dengan berkonsultasi tentang kebutuhan investasi.  Dengan bimbingan dari perusahaan asuransi yang tepat, orang tua juga bisa menyesuaikan dari segi premi, top-up, cara pembayaran, serta semua kemudahan yang fleksibel dan terarah. Ini berbeda dengan investasi lain yang masih harus menunggu kondisi atau fluktuasi pasar.  

Risiko Asuransi Pendidikan Anak


Setiap instrumen investasi termasuk produk asuransi pendidikan tetap memiliki tingkat risiko yang tidak terpisah. Selain itu, polis asuransi mengenakan biaya-biaya seperti biaya administrasi, biaya perawatan, dan biaya akumulasi tergantung dari peraturan yang ditetapkan. 

Namun, pada prinsipnya, menabung pendidikan anak melalui asuransi tetap akan memberikan hasil yang bermanfaat asalkan: 

  • Anda membeli produk asuransi pendidikan dari perusahaan penyedia terpercaya. 
  •  Anda memilih produk asuransi pendidikan tepat dan sesuai kebutuhan.
  •  Anda bisa berkomitmen terhadap besaran dan jangka waktu pembayaran premi.
  • Anda paham tentang produk asuransi yang dibeli berikut cara memanfaatkan fitur tambahan yang tersedia. 

Dengan konsisten menabung dana pendidikan anak melalui asuransi untuk tujuan jangka panjang, bukan tidak mungkin orang tua bisa menikmati hasil pengembalian yang lebih tinggi. Mulai dari dini dan nikmati ketenangan akan jaminan masa depan anak yang di genggaman. 

Asuransi Masa Depan Anak bersama PFI Mega Life

Setelah mengetahui apa saja yang harus dihindari dari risiko asuransi pendidikan anak, saatnya bagi orang tua dari keluarga Indonesia untuk semakin jeli dalam memilih produk asuransi terbaik. Hal ini tentu demi memastikan perjalanan asuransi demi masa depan anak memang terjamin dan tetap lancar hingga tujuan. 

PFI Mega Life adalah salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia dengan track record dan pengalaman bisnis terpercaya. Sebagai perusahaan patungan antara Prudential dan CT Corp, PFI Mega Life menyediakan berbagai produk asuransi jiwa dan kesehatan serta untuk kebutuhan investasi yang fleksibel dan menguntungkan. 

Melalui Mega Investasi Link, sebuah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi. Orang tua bisa mulai menabung dana pendidikan anak dengan melakukan pembayaran premi satu kali saja. Produk ini juga memberikan pilihan investasi dalam denominasi dolar AS, sekaligus disertai komponen pertanggungan asuransi optimal hingga 150 persen dari premi tunggal yang ditempatkan. 

Kelebihan lain dari produk Mega Investasi Link juga masa asuransi yang sampai tertanggung berusia 100 tahun atau sampai berakhirnya polis. Produk ini telah didukung dengan strategi investasi terbaik dengan tim aset manajer terkemuka di dunia, beserta instrumen investasi yang berkinerja optimal. Salah satunya adalah mata uang dolar AS demi investasi jangka panjang yang melampaui target.

(ril/alb)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password