Sempat Tertunda Karena Pandemi, Pilwana di Pessel Akan Diselenggarakan pada April 2021

Covesia.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) tetapkan penyelenggaraan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak 2021 di daerah tersebut, pada 10 April 2021 mendatang. 

“Pelaksanaan Pilwana serentak, yang sempat tertunda dampak pandemi Covid-19, telah ditetapkan dan akan dilaksanakan pada 10 April mendatang,” sebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (PMDP2-KB) Pessel, Wendi, pada Covesia.com Kamis (11/2/2021). 

Ia menambahkan, pelaksanaan Pilwana 2021 ini, mengacu pada Permendagri Nomor 72 Tahun 2020, tentang pelaksanaan Pilkades dan Pilwana ditengah Pandemi. 

“Sesuai aturan pelaksanaan Pilwana dimasa pandemi, Pilwana kali ini diwajibkan melibatkan Satgas Covid-19 dan harus mematuhi protokoler kesehatan,” ucap Wendi. 

Ia menerangkan, untuk pelaksanaan Pilwana 2021, pihaknya telah mempersiapkan 53 tahapan, dan tahapan itu sudah dimulai sejak 5 Februari 2021.

“Tahapan sudah dimulai 5 Februari kemarin, dan tahapannya ada sebanyak 53 tahapan sampai pada penetapan dan pengesahan calon terpilih dan pelantikan pada 30 April,” terangnya. 

Kemudian, Pilwana serentak 2021 akan diikuti oleh 31 Nagari di 13 Kecamatan di Pessel, dengan total DPT berjumlah sekitar 73 ribu pemilih. 

Untuk anggaran Pilwana dari Pemkab, ditetapkan sekitar 183 juta. Anggaran tersebut, digunakan untuk cetak suara dan rapat-rapat dan uang transportasi panitia kabupaten.

“Sedangkan, honor anggota PPS, Panwas dan lainnya, di tanggung oleh pemerintah nagari. Tidak jauh beda, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, “ujar Wendi

Sebelumnya diketahui, rencana awal Pemkab Pessel, akan melaksanakan Pilwana serentak pada April tahun 2020 lalu, dan akan diikuti oleh 19 nagari.

Namun, karena masa pandemi dikawatirkan akan terjadi dampak penularan yang tidak bisa diatasi sebab Pilwana dilakukan secara langsung, dan pemberhentian Pilwana ketika itu, didasari oleh surat edaran Mendagri.

Kendati demikian, akibat penundaan dan kembali dilanjutkan, terdapat tambahan 12 nagari yang ikut dalam Pilwana tahun ini. Sebab, jabatan wali nagari sebelumnya masa jabatannya habis tahun ini. 

(ind)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password