Dua Pelaku Pencurian Diamankan Polisi di Sijunjung, Salah Seorangnya Masih Pelajar

Covesia.com – Sering melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat), dua orang pemuda di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), diringkus polisi. 

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sijunjung, AKP Abdul Kadir Jailani kepada covesia.com pada Selasa (16/2/2021) malam. 

“Iya, pelakunya kami tangkap pada Senin (15/2/2021) kemarin sekitar pukul 23.00 WIB. Penangkapan pelaku itu atas laporan polisi ke Polres Sijunjung. Ada empat laporan yang masuk,” sebut Abdul.

Lanjut Abdul, kedua pelaku ini masing-masingnya dengan inisial nama FR (18) dan ATF (14). Mereka itu keduanya warga Sijunjung.

“Seorang pelakunya dengan inisial ATF merupakan seorang pelajar. Sedangkan satu orang lagi yaitu FR, merupakan residivis kasus yang sama dan sudah dua kali masuk lembaga pemasyarakatan,” jelasnya.  

Abdul menyebutkan, penangkapan pelaku ini berawal dari maraknya aksi curat di wilayah hukum Polres Sijunjung. Seperti bongkar toko, pencurian di dalam rumah dan kos-kosan pada malam hari. 

“Banyaknya laporan itu, saya memerintahkan team opsnal untuk melalukan lidik, ungkap dan tangkap terhadap pelaku tersebut,” katanya.

Dari hasil lidik yang dilakukan, akhirnya menemukan titik terang terhadap pelaku curat tersebut. Pihaknya mencurigai atau mengarah kepada pelaku FR yang merupakan residivis.

Selanjutnya, anggota melacak keberadaan pelaku FR yang saat itu di rumah orang tuanya, setelah itu polisi langsung mengamankannya.

“Setelah kami interogasi, dan pelaku mengakui sudah berkali-kali melakukan perbuatan curat tersebut. Kemudian, pelaku juga mengatakan bahwa setiap melakukan aksinya tersebut dibantu oleh teman-temanya,” ucapnya. 

Abdul mengatakan, selanjutnya team opsnal juga melakukan penangkapan terhadap salah seorang teman dari pelaku FR tersebut. Sedang saat ini polisi masih melakukan pengejaran terhada teman FR yang ikut melakukan curat. 

“Terkait kasus ini kami sudah menerbitkan daftar pencarian orang terhadap pelaku lainnya, yang merupakan warga Kota Padang,” katanya.

Dikatakan Abdul, terhadap perbuatan pelaku tersebut, maka diancam dengan pasal 363 ayat ke 3e dan 4e tentang curat, diancam dengan hukuman sembilan tahun penjara.

(per)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password