Rumah Zakat Programkan 37 Desa Berdaya di Sumbar Tahun Ini

Covesia.com – Sedikitnya 37 desa di Sumatra Barat masuk dalam program Desa Berdaya yang digagas Rumah Zakat pada tahun ini.

Desa Berdaya adalah sebuah program, di mana pemberdayaan masyarakat yang terintegritasi disesuaikan dengan potensi yang ada di suatu desa, dalam hal ini, Desa Berdaya membangun Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMAS) yang didalamnya terdapat berbagai macam jenis unit usaha.

Setiap satu desa akan diberdayakan 20 KK, yang didampingi oleh satu Relawan Inspirasi dari Rumah Zakat, selama rentang waktu satu tahun.

Dalam menjalankan Desa Berdaya, relawan Rumah Zakat langsung terjun ke masyarakat untuk memberikan pendampingan agar bisa tepat sasaran.

“Kita menargetkan desa-desa yang masuk dalam program ini agar bisa lebih mandiri, perekonomiannya meningkat, dan masyarakatnya sejahterah,” ujar Brance Manager Rumah Zakat Sumbar Indrayanto saat berbincang-bincang dengan covesia.com, Sabtu (20/2/2021).

Sementara terkait anggaran, untuk memberdayakan satu desa tersebut bisa menelan biaya Rp100 juta hingga Rp200 juta dalam setahun yang bersumber dari zakat, infak dan sedekah (ZIS).

Tak hanya memberdayakan perekonomian, Rumah Zakat juga berupaya untuk mendorong dan menfasilitasi kegiatan sosail kemasyarakat dan agama di suatu desa.

“Ada desa yang bahkan sebelumnya aktivitas pada salah satu musala disana jarang beroperasi. Setelah relawan Rumah Zakat masuk ke desa tersebut alhamdulillah terbantu, anak-anak sudah mulai mengaji,  dan kami juga merenovasi musala tersebut,” tukasnya.
(Rina Syafrimon/Salsadila)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password