Kebakaran Lahan Sawit Kembali Terjadi di Durian Kapeh Agam

Covesia.com – Kebakaran lahan sawit kembali terjadi di Aia Maruok, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darusalam, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumbar.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, mengatakan, lahan yang terbakar tersebut masih milik Dasiri Musnal (74) dan Jarot (55).

“Sebelumnya titik api sudah dipastikan padam namun Minggu (21/2/2021) kemarin kita mendapat laporan titik api kembali muncul,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Syafrizal saat dikonfirmasi Covesia.com, Senin (22/2/2021).

Hingga hari ini tercatat total kebun yang terbakar mencapai 6,5 hektar. Saat ini tim gabungan, BPBD, Damkar, Polres Agam, Kodim 0304 Agam dan masyarakat setempat masih berupaya memadamkan api.

“Untuk proses pemadaman, kita terkendala tidak adanya sumber air disekitar lokasi dan sulitnya akses  jalan sehingga pemadaman tidak bisa menggunakan armada damkar,” terangnya.

Ia menambahkan, sebelumnya lahan kelapa sawit milik Dasiri Musnal dan Jarot ini  juga dilaporkan terbakar dengan luas lebih kurang dua hektar Jumat (12/2/2021) yang lalu, namun minggu (14/2/2021) api berhasil dipadamkan. 

Berselang 1 minggu kemudian titit api kembali dilaporkan muncul di sekitar lokasi.

Pihaknya mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan saat cuaca panas disertai angin kencang melanda daerah itu dengan cara tidak membakar sisa pembersihan lahan serta tidak membuang puntung rokok sembarangan saat sedang berada di kebun

“Kebun ini kan lahan gambut dan cuaca panas jadi api akan mudah menyalar, karena kondisi perkebunan sudah kering,” tutupnya.

(jhn)

0 Comments

Leave a Comment

4 × 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password