Brankas Berisi Ratusan Juta Milik Salah Satu Koperasi Simpan Pinjam di Padang Raib Dibawa Maling

Covesia.com – Satu unit brankas berisikan dokumen dan uang ratusan juta milik Koperasi Serba Usaha Dewantara Ranah Minang di Jalan Dr Soetomo, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) raib dibawa maling. 

Dari informasi yang dihimpun, lemari brankas tersebut diketahui ditemukan warga di sebuah tempat pencucian mobil, kecamatan Lubuk Kilangan, atau di jalan lintas Padang-Solok, pada Senin (22/2/2021) kemarin. 

Diketahui dari Manajer Koperasi tersebut ia mengatakan kejadian itu diketahui pada Minggu (21/2/2021) sekitar pukul 06.04 WIB saat kantor koperasi tutup. Komplotan yang diduga berjumlah empat orang itu aksinya terekam kamera pengawas (CCTV) kantornya.

“Saya ditelepon karyawan toko Donat yang bersebelahan kantor dengan kita. Karena kebetulan mereka tidur di toko, pada jam 07.30 WIB diinformasikan bahwa kantor koperasi dibobol maling,” ungkap Manajer Koperasi Serba Usaha Dewantara Ranah Minang, Margono Okta, dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021). 

Setelah mendapat telepon tersebut, Margono langsung menuju kantornya dan ternyata kondisi pintu utama dan dua pintu di dalam telah terbuka. Anehnya barang elektronik lainnya tidak ada hilang, hanya satu brankas dibawa kabur.

“Saya lihat brankas, ternyata tidak ada lagi. Dan anehnya barang lain tidak dicuri, memang para pencuri terfokus ke brankas saja,” kata Margono. 

Dari penelusuran melalui rekaman CCTV, tampak pelaku menggunakan satu unit minibus diduga merek Avanza berwarna hitam. Minibus ini sengaja di parkir di halaman koperasi dengan posisi pintu belakang mobil di depan pintu. 

Namun CCTV yang ada di Koperasi Serba Usaha Dewantara Ranah Minang ternyata tidak berfungsi. Sehingga rekaman pelaku beraksi hanya ada saat menaikkan brankas ke dalam mobil. 

“Di dalam tak kelihatan, memang sengaja mobil dimundurkan ke depan pintu. Sehingga pas brankas sudah keluar, tiga orang tampak mendorong brankas. Baru satu lagi turun mobil untuk membantu menaikan brankas ke mobil,” jelasnya. 

Lebih lanjut Margono mengungkapkan, isi di dalam brankas  itu di antaranya ada uang tunai sebanyak Rp256 juta, surat-surat sertifikat tanah milik nasabah. Termasuk empat BPKB sepeda motor dan satu BPKB mobil. Ada juga seluruh ijazah karyawan dan izin akte notaris koperasi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda membenarkan penemuan brankas tersebut. Rico menduga bahwa brankas itu merupakan hasil curian yang belum diketahui pelakunya.

“Memang ada aksi pencurian di kawasan Padang Timur. Saat ini, brankas itu sudah berada di Polsek setempat,” sebutnya Selasa.

Rico mengaku kondisi brankas saat ditemukan sudah dalam keadaan rusak. “Brankas itu ditemukan dalam keadaan kosong. Pintu brankas juga dirusak. Kuat dugaan brankas tersebut merupakan hasil tindak kejahatan,” kata dia.

Lebih lanjut kata Rico untuk saat ini pihaknya sedang melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut.

(don)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password