Masa Jabatan 3,5 Tahun, Gubernur Sumbar Dituntut Sesuaikan dengan RPJMD

Paripurna dalam rangka penyampaian pidato sambutan Gubernur Sumbar, Mahyeldi di DPRD Sumbar, Jumat (12/3/2021)(Foto: Laila)

Covesia.com – DPRD Sumbar kembali melakukan paripurna dalam rangka penyampaian pidato sambutan Gubernur Sumbar. Dengan masa jabatan 3,5 tahun Gubernur dituntut bisa menyesuaikan dengan RPJMD.

“Masa jabatan Gubernur hanya 3,5 tahun. Di 2024 akan dilakukan pemilihan gubernur. Jadi masa jabatan sekarang tidak sejalan dengan RPJMD yang seharusnya 5 tahun maka Gubernur harus menyesuaikan dalam waktu 3,5 tahun,” ungkap ketua DPRD Sumbar Supardi saat membuka paripurna, Jumat (12/3/2021).

Kemudian, Supardi juga mengatakan bahwa dalam pidato Gubernur akan menyampaikan arah kebijakan, langkah strategi untuk pembangunan daerah dan tantangan daerah seperti Pandemi covid dan recovery ekonomi.

“Jabatan ini amanah dari masyarakat yang harus dipertanggungjawabkan dunia dan akhirat. Kami mengajak masyarakat untuk bersinergi, bersatu, dan berkolaborasi mewujudkan masyarakat Sumbar yang unggul dan berkelanjutan,” ungkap Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

Ke depan kata Mahyeldi kita tak hanya fokus pada kerja tapi juga kinerja. Mohon dukungan ketua, anggota DPRD dalam penyusun RPJMD. “Semoga Allah bantu ikhtiar kita dan keberkahan bagi setiap warganya,” harapnya.

Adapun misi yang disampaikan Mahyeldi yakninya
meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang sehat, berpengetahuan, terampil dan berdaya saing.
Kedua, meningkatkan tata kehidupan sosial kemasyarakatan berdasarkan falsafah Adat Basandi Syarak – Syarak Basandi Kitabullah.

Ketiga, meningkatkan nilai tambah dan produktifitas pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.
Keempat, meningkatkan usaha perdagangan dan Industri kecil menengah serta ekonomi berbasis digital.

Meningkatkan ekonomi kreatif dan daya saing kepariwisataan. Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur yang berkeadilan dan berkelanjutan.
Mewujudkan tata kelola Pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, akuntabel serta berkualitas.

(ila/don)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password