Kerugian Akibat Kebakaran di Pasar Kambang-Pessel Diperkirakan Rp6,1 Miliar

Pedagang berada di sekitar kios yang ludes terbakar di Pasar Kambang, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (13/3/2021) dini hari.

Covesia.com – Kerugian dampak kebakaran hebat di Pasar Kambang, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) yang terjadi pada Sabtu (13/3/2021) dini hari, diperkirakan mencapai Rp6,1 miliar.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, Dailipal mengatakan, kerugian yang dialami dampak kebakaran hebat yang menghanguskan 9 petak kios pedagang di Pasar Kambang, ditaksir mencapai Rp6,1 miliar.

“Di mana 9 petak kios atau tokoh yang hangus terbakar itu diantaranya, 3 petak ruko permanen, 6 petak kadai atau toko yang terbuat dari papan, dan 2 lagi kadai atau tokoh permanen,” ungkapnya pada Covesia.com Sabtu (13/3/2021).

Baca: Kebakaran di Pasar Kambang-Pessel Hanguskan 9 Petak Kios Pedagang

Dailipal menerangkan, 3 ruko tersebut merupakan grosir makanan ringan dan rempah-rempah. Sementara, 6 kadai papan lainnya diketahui menjual sate, makanan, buah-buahan, dan alat-alat furnitur.

“Korbannya ada 11 kepala keluarga yang berjualan di 9 petak kios yang terbakar, dan terdapat 1 keluarga yang tidak berjualan. Tetapi, mengontrak tinggal di salah satu petak tokoh yang hangus terbakar,” ujarnya.

Lanjutnya, disampaikan Dailipal, terkait penyebab kebakaran, sejauh ini pihaknya belum mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Sebab, saat ini pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan di lokasi kebakaran.

“Masih dalam penyelidikan, kita belum tau penyebab terjadinya kebakaran pada malam dinihari tadi,” ucapnya.

Kemudian, dalam upaya memadamkan api Damkar menurunkan 3 unit mobil pemadam kebakaran dari Posko Kota Painan, Kambang dan Tapan, dengan jumlah personil sebanyak 30 orang.

“Api berhasil dan selesai dipadamkan pada pukul 06.00 WIB. Setelah, personel bersama TNI/Polri dan masyarakat saling bahu-membahu bekerja sama memadamkan api,” tutupnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password