Wacana Perubahan Provinsi Sumbar menjadi Daerah Istimewa Minangkabau, Ini Pendapat Bupati Mentawai

Yudas Sabaggaleg, Bupati Mentawai (Screnshoot Instagram Yudas_Sabaggalet)

Covesia.com – Wacana perubahan nama provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi Provinsi Daerah Istimewa Minangkabau (DIM) menghasilkan beragam pendapat. Salah satunya pendapat Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet.

“Kalau itu yang terbaik, dipersilahkan,” ungkap Yudas saat dihubungi Covesia.com Rabu, (17/3/2021).

Sebelumnya beberapa tokoh dari Mentawai menyatakan bahwa wacana tersebut adalah langkah mundur Sumbar. Penggantian nama provinsi Sumbar menjadi Provinsi DIM hanya akan memicu konflik horizontal.

Namun, Bupati Yudas berpendapat bahwa pencetus dan penggagas DIM tentunya sudah berpikir matang-matang akan dampak dan akibat dari keputusan yang diambil. Walaupun pada dasarnya Mentawai berbeda dengan 18 provinsi Kabupaten kota yang ada di Sumbar.

Mengenai apakah nantinya masyarakat Mentawai bisa menerima Daerah Istimewa Minangkabau, Yudas kembali berkomentar. “Kalau masyarakat menerima atau tidak itu soal lain,” ujarnya.

Saat ini Badan Persiapan Provinsi Daerah Istiewa Minangkabau (BP2 DIM) telah menyelesaikan naskah akademik perubahan provinsi Sumbar menjadi Provinsi DIM dan telah mengajukan ke DPR.

(ila/don)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password