- Advertisement -
BerandaArchipellagoLewat Program Genre, BKKBN Sumbar Cegah Pernikahan Dini di Mentawai

Lewat Program Genre, BKKBN Sumbar Cegah Pernikahan Dini di Mentawai

- Advertisement -

Covesia.com – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) mengedukasi remaja di Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan program Generasi Berencana (Genre) dalam mencegah pernikahan usia dini di daerah tersebut.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Fatmawati melalui keterangan tertulis yang diterima covesia, Rabu (17/03/2021) mengajak menyukseskan Program Generasi Berencana (GenRe). GenRe merupakan Program BKKBN untuk remaja usia 10-24 tahun yang belum menikah, yang mampu menyiapkan dan merencanakan kehidupan masa depannya secara terencana, sesuai siklus kehidupan remaja dengan menghindari perilaku berisiko.

Pada kesempata itu Fatmawati juga mengingatkan kepada generasi muda Mentawai agar menjauhi perilaku berisiko yaitu, mehindari pernikahan diusia anak untuk perempuan menikah diatas 21 tahun, laki-laki 25 tahun, menghindari perilaku seks menyimpang, dan menghindari narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya.

GenRe turut menyukseskan Proyek Prioritas Nasional Pemerintah, sebagai upaya pembangunan yang ditujukan untuk membangun sumberdaya manusia dengan menyasar pada proses pengurangan kemiskinan sekaligus pelayanan dasar. Para remaja sebagai calon orang tua nantinya, dianggap memiliki peran penting dalam mencetak generasi berkualitas.

Pihaknya membentuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) yang berasal dari remaja, oleh remaja dan untuk remaja. Genre ini pendekatannya melalui dua sisi, melalui PIKR dan BKR agar edukasi terhadap remaja bisa tersalurkan.

Program Genre turut menyukseskan Proyek Prioritas Nasional Pemerintah, sebagai upaya pembangunan yang ditujukan untuk membangun sumberdaya manusia dengan menyasar pada proses pengurangan kemiskinan sekaligus pelayanan dasar.

“Para remaja sebagai calon orang tua nantinya, dianggap memiliki peran penting dalam mencetak generasi berkualitas setelahnya untuk itu perlu dibina sebaik mungkin,” kata dia.

Sementara itu Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sibaggalet mengapresiasi tim dari Perwakilan BKKBN Sumbar yang telah datang ke Mentawai.

Dirinya akan memberikan masukan terkait strategi keberhasilan dan trik menyesuaikan dengan konteks budaya Mentawai.

“Tujuannya tentu program Bangga Kencana yang disampaikan berjalan efektif dan sukses ke depannya,” kata dia.

Pada kesempatan itu juga terpilih duta Genre kategori Putra Kabupaten Mentawai 2021, Hutama Satria Rambe Putra dari SMA N 2 Sipora dan duta Genre kategori Putri Kabupaten Mentawai 2021, Anggelica Rahuel Saphira dari SMA Plus Setia.

(ril)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -