Teror Macan Dahan di Harau, BKSDA : Beda dengan yang di Luak

Ilustrasi Macan Dahan yang tertangkap warga di Luak, Limapuluh Kota, beberapa waktu yang lalu (Foto: Covesia/ Istimewa)

Covesia.com – Teror Macan Dahan di Kabupaten Limapuluh Kota, kembali terulang. Belum cukup sebulan kejadian penerkaman hewan ternak Nagari SITAPA, Kecamatan Luak, sudah terjadi lagi penerkaman di Jorong Ketinggian, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Selasa (23/3/2021). BKSDA Kabupaten Limapuluh Kota memastikan macan dahan yang di kecamatan Harau, berbeda dengan macan dahan yang di kecamatan Luak.

“Ya memang dalam satu bulan ini ada dua insiden penerkaman hewan ternak oleh macan dahan. Pertama di Kecamatan Luak, dan kedua di kecamatan Harau. Tapi macan yang berbeda, walaupun sama-sama jenis macan dahan,” kata kepala BKSDA Limapuluh Kota, Martias kepada Covesia.com, Rabu (24/3/2021) melalui seluler.

Disebutkan Martias, perbedaan antara macan dahan yang di Kecamatan Luak dan Harau terlihat dari corak garis maupun bintik-bintik di tubuh macan sangat berbeda. 

“Kalau di Luak, corak warna garisnya agak lurus dan banyak bintik-bintik. Kalau di Harau, bintik-bintiknya sedikit. Sudah kami bandingkan, ternyata berbeda,” katanya.

Namun, macan Dahan yang muncul di kecamatan Luak dan Harau, sudah dikategorikan dewasa. Untuk macan yang di Luak, berhasil ditangkap dan telah dilepas liar kan ke hutan. Sedangkan Macan di Harau, mati setelah dikeroyok masa.

(agg/don)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password