Polsek Kinali Amankan Dua Tersangka Penggelapan Mobil di Padang

Tersangka penggelapan mobil yang berhasil diamankan Polsek Kinali, Selasa (30/3/2021)(Foto: Istimewa)

Covesia.com – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat melalui Polsek Kinali berhasil membekuk pelarian dua tersangka tindak pidana penggelapan mobil.

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Sugeng Heriyadi melalui Kapolsek Kinali, Iptu Rifki Yudha Ersanda mengatakan kedua tersangka diringkus di daerah Kota Padang sekira pukul 21.30 WIB, Selasa (30/3/2021) kemarin.

“Kedua tersangka yang merupakan suami istri masing-masing berinisial RA (42) dan YN (44) warg Bateh Uba Jorong Langgam Sepakat Nagari Kinali Kecamatan Kinali, Pasaman Barat,” terang Kapolsek Kinali, Iptu Rifki Yudha Ersanda, Rabu (31/3/2021).

Adapun kronologis penangkapan ini kata Iptu Rifki Yudha Ersanda mengatakan sejak hari Senin (29/3) menugaskan personilnya untuk memburu kedua tersangka ke daerah Kota Padang, Sumbar.

“Untuk melakukan upaya paksa penangkapan terhadap tersangka RA dan istrinya yang berinisial YN yang telah melakukan penipuan dan penggelapan terhadap satu unit mobil Avanza warna silver dengan nomor polisi BA 1392 LM milik korban inisial UY,” katanya.

Namun sampai hari Selasa (30/3) keberadaan kedua tersangka belum dapat ditemukan atau dilakukan penangkapan.

“Sehingga anggota reskrim Polsek Kinali kembali ke Pasbar tepatnya ke Polsek Kinali. Kemudian hari yang sama sekira pukul 13.00 WIB Kanit Reskrim Polsek Kinali dan anggota Reskrim Polsek Kinali mendapatkan perintah kembali oleh Kapolsek Kinali untuk berangkat kembali ke Padang melakukan upaya paksa penangkapan terhadap kedua tersangka,” katanya.

Sesampai di padang anggota reskrim Polsek Kinali langsung berkoordinasi dengan Dantim Opsnal Reskrim Polsek Nanggalo melakukan pemantauan terhadap tersangka tersebut.

“Berkat dipandu oleh Kapolsek Kinali melacak keberadaan tersangka tersebut, selang beberapa jam kemudian tepatnya sekira pukul 21.30 WIB, keberadaan tersangka dan istrinya dapat ditemukan dan langsung dilakukan penangkapan tepatnya di depan Transmart daerah Khatib Sulaiman Kota Padang,” katanya.

Tersangka kemudian langsung melakukaan perlawan terhadap petugas kepolisian yang melakukan penangkapan tersebut.

“Hingga mengakibatkan salah satu petugas kepolisian mengalami luka memar di bagian mata sebelah kiri akibat tendangan tersangka yang melawan. Akhirnya tersangka dapat dilumpuhkan dan langsung di borgol,” katanya.

Selanjutnya kedua tersangka dibawa ke Polsek Kinali untuk dilakukan pemeriksaan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan sekira pukul 22.30 WIB kemarin, anggota Reskrim Sek Kinali dan anggata reskrim Sek Nanggalo langsung bergerak kembali ke Indarung Kota Padang untuk melakukan pencarian BB mobil avanza tersebut. Kemudian ditemukan BB tersebut langsung melakukan penyitaan terhadap BB tersebut, setelah itu agt langsung bergerak kembali ke pasbar dengan membawa dua orang tersangka berserta Barang Bukti,” katanya.

Saat ini kedua tersangka sudah diamankan di Polsek Kinali untuk proses penyidikan lebih lanjut.

“Kedua tersangka melanggar pasal 372 Jo 378 KUHP dihukum karena penggelapan, dengan hukuman penjara selama-lamanya empat tahun,” tutupnya.

(hri/don)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password