Warga Binaan Main Tik Tok di Lapas, Kakanwil Kemenkumham Sumbar: Napi Dilarang Kuasai Ponsel

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumbar, R Andika Dwi Prasetya (tengah) didampingi Kalapas Padang dan Kalapas Bukittinggi (Foto: dok.covesia.com)

Covesia.com – Video warga binaan di sebuah aplikasi tik tok viral di media sosial. Diketahui video tersebut direkam napi saat di dalam Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIB Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Terkait hal itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumbar, R Andika Dwi Prasetya menyebutkan, peristiwa ini masuk kategori bertentangan dengan ketentuan yang berlaku di institusi lembaga pemasyarakatan.

“Karena, memang alat komunikasi handphone dilarang dikuasai oleh warga binaan, untuk kepentingan apapun, apalagi seperti hal tersebut,” sebut Andika saat ditemui awak media pada Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Viral, Warga Binaan di Lapas Klas IIB Pariaman Main Tik Tok, Ini Kata Kalapas!

Lanjut Andika, untuk alat komunikasi antara napi di lapas dengan keluarga, pihak lapas sendiri sudah menyediakan yaitu warung telepon (wartel) khusus atau tempat menelepon khusus yang dikelola oleh pihak lapas.

“Sebenarnya memang perlu warga binaan berkomunikasi, hal itu untuk perkembangan psikologis yang baik bagi mereka. Namun, ternyata warga binaan ini menginginkan lebih, sehingga selalu berupaya untuk memiliki alat komunikasi sendiri dengan cara menyelundupkan,” ungkapnya.

“Berbagai cara yang licik dilakukan, contohnya seperti di Lapas Pariaman ini tembus handphonenya hingga ke dalam,” ujarnya.

Andika mengatakan, kedepannya pihak Kanwil akan terus mendorong seluruh lapas dan rutan yang ada di Sumbar, untuk memfungsikan wartel khusus tersebut untuk lebih maksimal lagi, agar warga binaan tetap terfasilitasi dalam berkomunikasi dengan keluarganya, namun tetap pada aturan yang ada.

Sebelumnya diberitakan, diketahui dalam sebuah video yang beredar di media sosial direkam melalui aplikasi tik tok, terlihat empat orang warga binaan perempuan berjoget dengan satu orang warga binaan pria, di Lapas Pariaman.

Vidio itu pertama tersebar di Facebook, dengan nama akun Karantina Pariaman, yang diunggah pada Selasa (23/3/2021). Ada sekitar tiga video tik tok yang isi kontennya memperlihatkan warga binaan sedang asik bergoyang.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password