BPBD: 9 Daerah Terdampak Akibat Angin Kencang di Sumbar

Sejumlah pohon tumbang dan merusak rumah warga di Kota Padang dan Limapuluh Kota, beberapa hari terakhir (Foto: dok.bpbd)

Covesia.com – Hujan dan angin kencang terjadi di Sumatera Barat semenjak akhir Maret. Tak sedikit warga yang melaporkan atap rumahnya terlepas akibat angin kencang tersebut. 

“Angin kencang dan hujan terjadi di 7 kota kabupaten di Sumbar yakni, Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Ditambah di Kabupaten 50 Kota dan kabupaten Tanah Datar,” ungkap Kasi Kedaruratan BPBD Sumbar, Rumainur saat dihubungi Covesia.com, Senin (5/4/2021). 

Akibat kejadian tersebut kata Rumainur berdampak pada atap rumah warga yang terlepas, juga pohon tumbang. 

“BPBD Kabupaten/Kota langsung turun ke lokasi. Pohon tumbang dipotong dan dibersihkan,” tambahnya. 

Sementara untuk rumah warga yang atapnya rusak, BPBD memberikan bantuan berupa terpal. Bantuan lainnya juga diberikan oleh pihak dinas sosial kab/kota. 

Rumainur menyebut semenjak angin kencang dan badai itu terjadi, tak ada laporan korban meninggal dunia. “Kerugian berbentuk material aja. Belum ada dikirim data pasti total kejadiannya, karena BPBD Kabupaten kota sampai 3 hari ini masih menghitung jumlah kerugian.

Kalau dari BMKG sampai hari  ini masih berpeluang akan terjadi angin kencang, hujan tapi tanggal 6 sudah jauh menurun.

“Selepas itu semua, hujan akan terus turun sampai bulan Mei akhir, kita himbau masyarakat yang melakukan aktifitas di luar ruangan berhati-hati dalam aktifitasnya. Baik itu petani, pedagang, nelayan dan lain lain,” ajak Rumainur. 

“Sementara untuk masyarakat yang melintasi Kabupaten kota, hati-hati kalau hujan kemungkinan terjadi longsor. Yang ketiga, di malam hari kalau hujan sebaiknya berhenti dulu tidak jelas ada longsor dan banjir. Kalau jalan perhatikan kemungkinan terjadinya longsor,” tukasnya. 

(ila/don)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password