Antisipasi Gangguan Kamtib di Lapas Pariaman, Petugas Geledah Kamar Hunian Napi

Razia di Lapas Pariaman di salah satuu kamar hunian para Napi di daerah itu, Selasa malam (6/4/2021)(Foto: Peri/ Covesia)

Covesia.com – Antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas llB Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), petugas geledah kamar hunian narapidana (Napi) di daerah itu.

“Pengeledahan ini juga dalam rangkaian kegiatan Hari Bakti Pemasyarakat yang ke 57 tahun ini,” sebut Pelaksana Harian (Plh) Lapas Klas IIB Pariaman, Karto Rahardjo usai melakukan penggeledahan pada Selasa (6/4/2021) malam.

Lanjut Karto, jadi hal ini sesuai arahan dari Dirjenpas. Bahwa seluruh lapas di Indonesia untuk melakukan penggeledahan blok hunian napi.

Karto menyebutkan, dari hasil penggeledahan tersebut, sejumlah barang bukti yang tidak sepantasnya dimiliki oleh napi ditemukan oleh pihaknya.

“Barang bukti yang kami amankan itu adalah, 12 unit handphone, sejata tajam dan lainnya,” ungkapnya.

Dikatakan Karto, barang bukti tersebut dicatat oleh pihaknya untuk laporan kepada atasan dan akhirnya dimusnahkan.

Karto mengatakan, sebenarnya kegiatan razia terhadap kamar hunian napi itu, setiap minggunya sudah dilakukan oleh pihaknya.

“Penggeledahan ini rutin kami lakukan, setiap minggu. Itu sebagai langkah deteksi dini keamanan dan ketertiban di lapas,” jelasnya.

Harapan Karto, semoga dengan dilakukan razia tersebut, hal yang tidak diingin bisa dideteksi sejak awal. Seperti peredaran narkoba dan lainnya.

(per)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password