Kasat Pol PP Sumbar Sebut Denda Perda AKB Capai Rp90 Juta dan Total Pelanggar 30.707 Orang

Kepala Satpol PP dan Damkar Sumbar, Dedy Diantolany

Covesia.com – Setelah Covid-19 menyebar di Sumbar pemerintah akhirnya membentuk perda No 6 tahun 2020 tentang pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumatera Barat Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). 

“Untuk pelaksanaan penegakan perda no 6 tahun 2020 yang dimulai dari 1 Januari sampai dengan 11 April 2021 sudah terkumpul denda senilai Rp 90 juta dan total pelanggar adalah 30.707 orang,” ungkap Kepala Satpol PP dan Damkar Sumbar, Dedy Diantolany saat rapat dengan Gubernur, Kepala daerah Sesumbar dan Forkopimda terkait, kemarin, Senin (12/4/2021). 

Dikatakan Dedy, untuk sanksi telah diberikan oleh gabungan satpol pp, kepolisian, TNI kepada personal atau perorangan. 

“Untuk gabungan denda administratif kita lakukan baru satu, sedangkan mandiri dilakukan Kabupaten kota. Kita tahu perda ini sifat mandatori, tanpa hadirpun provinsi di Kabupaten kota bisa dilakukan oleh link di Kabupaten kota,” jelasnya. 

Untuk Kabupaten kota secara mandiri telah melaksanakan sanksi administrasi sebesar 89 orng yang terkena. Dendanya sudah masuk ke kas daerah. Kita tak mengdambakan APBD atau PAD kita dari sanksi ini. 

Sementara itu untuk sanksi sosial pihaknya sudah banyak memberlakukan sanksi. Semenjak Januari hingga April ini sudah 30.088 orang yang terkena sanksi berupa pembersihan tempat dan sarana umum dengan jaket yang telah disiapkan.

“Untuk pelaku usaha juga sebanyak 419 pelanggaran ada teguran lisan dan denda sebesar 500 ribu. Sedangkan untuk penyelenggaraan kegiatan sudah 110 dan jumlah total 30.707 untuk pelanggar yang kena sanksi,” tambahnya. 

Dedy mengatakan dari 19 kabupaten kota yang ada di Sumbar yang paling tinggi melakukan penegakan perda ialah Pesisir Selatan. 

“Kita akan melakukan perda ini hingga akhir tahun, kalau masih ada covid-19 tahun berikutnya kita akan tetap tegakan perda ini di tahun depan,” tukasnya.

(ila)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password