Tingkat Kelulusan Siswa SMKN 1 Sutera Masuk PTN Capai 75 Persen

Covesia.com– Tingkat kelulusan siswa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Sekolah Menengah Kejujuran Negeri (SMKN) 1 Sutera, Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mencapai 75 persen pada tahun ini.

Kepala Sekolah SMKN 1 Sutera, Lili Suryati mengatakan, siswa SMKN 1 Sutera, yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri pada tahun 2021 ini cukup tinggi, yaitu mencapai 75 persen dari jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 217 orang.

“Sangat jauh meningkat dari tahun lalu. Rata-rata tahun ini siswa yang kita daftarkan hampir lulus sesuai dengan jurusan yang dipilih oleh siswa kita, ” katanya pada Covesia.com Rabu (14/4/2021).

Ia menerangkan, dari total siswa kelas 3 sebanyak 217 orang yang didaftarkan, ada sebanyak 165 orang siswa SMKN 1 Sutera, lulus pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dibuka secara nasional.

“Seluruh siswa kita yang tamat tahun 2021 dari 5 jurusan ada sebanyak 217 orang, dan semua mereka mendaftar pada seleksi masuk perguruan tinggi, dan rata-rata hampir mereka diterima di perguruan tinggi yang dipilihnya, “terang Lili Kepala Sekolah SMKN 1 Sutera.

Tambahannya, jalur yang diikuti seluruh siswa ada tiga jalur masuk perguruan tinggi negeri di nasional. Yaitu, jalur SNMPTN, SNMPN dan SPANPTKIN.

“Total lulus dari tiga jalur seleksi itu lebih kurang sebanyak 165 orang siswa. Dimana, jalur SNMPTN lulus sebanyak 23 orang, jalur SNMPN (Politeknik) sebanyak 52 orang dan SPAN PTKIN sebanyak 137 orang. Dari tiga jalur itu terdapat lulus doble sekitar 93 orang, “ucapnya.

Untuk mencapai tingkat kelulusan siswa diterima di perguruan tinggi negeri nasional, kata Lili Suryati, ia sengaja membuat program sekolah yang dilakukan oleh guru sekolah dengan program, Team Sukses Universitas Negeri SMKN 1 Sutera.

Tim sukses tersebut, dibuat dengan tujuan membantu dan membimbing siswa masuk perguruan tinggi negeri, muali dari awal pendaftaran sampai mereka lulus dan mendaftar ulang.

“Tim itu memang bertugas membimbing dan membantu siswa, mulai dari menentukan tempat kuliah, mendaftarkan syarat administrasi dan juga mengarahkan siswa ikut sesuai dengan jurusannya disekolah. Dan hasilnya, Alhamdulillah sangat memuaskan dan ini paling banyak antar SMKN di Pessel, “ujarnya.

Lanjutnya, dari 165 orang yang lulus masuk perguruan tinggi negeri. Tidak semuanya mereka lulus di Universitas yang ada di Sumbar. Tetapi, ada yang lulus di Riau, Medan, Jambi, Aceh, Jawa, Kalimantan dan Papua.

“Kebanyakan memang di Universitas ternama di Kota Padang dan Bukittinggi, tapi untuk sebarannya hampir seluruh Indonesia. Tapi yang belum ada sampai sekarang ini memang di Universitas Indonesia (UI) dan ITB, kita harap tahun depan ada,” tutupnya

(ind)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password